Warung Online

21 Januari, 2009

TEKNIK MENCONTEK SAAT UJIAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN DEMI MENDONGKRAK NILAI YANG PAS-PASAN

Ada beberapa teknik mencontek yang telah berhasil ditemukan dan dikembangkan oleh para pencontek sejati…cie…he…he…semuanya digunakan dengan tujuan utama yakni mendongkar nilai yang dibawah setandar kemiskinan…eh KKM alias Kriteria ketuntasan Minimal,,,itu loh yang biasa dikasih tau oleh guru-guru kalo mau ulangan. Kalau ga memenuhi standar KKM yaa berarti punya status ga lulus alias perlu diremidi.
Nah bagaimana sih cara mencontek yang baik, tekik-teknik apa saja yang bisa kita gunakan..baca aja artikel berikut dengan…..

Jika kamu sangat terprofokasi dengan pembukaan artikel di atas….wajar donk…ya minimal setidaknya penasaran…he he..trus nge-klick deh tu link…he…he…eit sorry ya bukannya mau ngejabak sebenarnya tulisan ini lebih cocok diberi judul BAHAYA LATEN MENCONTEK, DAMPAK DAN AKIBATNYA, loh ko jadi serem ya??. Kaya bahasa politik Orde baru aje…intinya tulisan ini dibuat untuk kamu-kamu yang hoby mencontek..lebih-lebih kalo dah jadi masternya..he..he…tulisan ini didasarkan atas keprihatianan saya atas merajalelanya kaum pencontek…saya kan guru..wajar donk..eit jangan salah saya juga pernah jadi siswa, trus jadi mahasiswa, tapi Alhamdulillah Alloh menyadarkan saya dan teman-teman dekat saya akan bahaya mencontek …sehingga kami saat ujian semester di kampus ga ada tuh yang mencontek..walau beberapa temen nilainya ada yang ancur…tapi mereka tetap istikomah dan bersyukur atas usahanya sendiri…sipakah mereka ??? ga usah di certain ah…kepanjangan..He..he…
Sekarang aga serius dikit yach ??. sebenarnya ada beberapa alasan kenapa orang –orang mencontek :
1. Mereka yang hobi mencontek (tentunya bukan kamu donk) biasanya Ga PeDe ama dirinya sendiri…ya kan? Trus bikin alasan pelajarannya banyak, materinya susah, gurunya killer,nyebelin,ga jelas (wah gawat nyalahin orang, guru lagi)… he..he…padahal tau ga? gak ada yang sukar dalam hidup ini kalo mau usaha..Alloh bilang…persangkaan Alloh sesuai persangkaan hambanya, artinya jika kamu dah bilang sulit ya pasti sulit dan sebaliknya.
2. lebih percaya orang lain..terutama orang-orang kaya einstiens di kelasnya, artinya mending nyontek ama yang pinter aja dech..padahal, ga ada tuh manusia bodoh di dunia…yang ada manusia malas…Are You ?? pasti dijawab… teu atuh paaa..he…he.
3. Lebih percaya tempat dari pada dirinya sendiri, mereka yang kaya gini biasanya punya prinsip “Posisi Menentukan Prestasi”..Ada-ada aje..
4. Mereka yang hoby mencontek biasanya kurang persiapan, maksudnya malas menghafal…malas …beli buku/LKS…katanya Mahhal..kaya yang mau perang ga bawa senjata, ya mati donk sekali di DOOR juga.
5. Pede ga pada tempatnya, artinya ke GR an kalo guru ga bakal tau kamu nyontek..he..he atau ke GR an kalo guru atau kepala sekolah mau bantuin keterpurukan mereka. Bahaya…. Bahaya………. Bahaya !!!!
Trus apa emang bahaya mencontek?, bagi orang yang punya tujuan pragmatis pasti ga ada tuh bahayanya…tapi kita lihat aje yech…hidup kamu ini ga terbatas hanya hari ini saja, bisa jadi kamu idup terus ampe seribu tahun, maksudnya kamu menghadapi tes itu ga hanya hari ini aja, ga hanya sekali, berikut daftar list tes yang bakal kamu hadapi dan keadaanyanya masing-masing yang berbeda satu sama lain.
Di akhir kelas XII kamu bakal bertempur untuk :
1. Ujian Akhir Sekolah, soal tes tulisnya dibuat tidak oleh guru kamu sendiri, yang buat bisa jadi guru lain dari sekolah lain, bentuknya biasanya PG ada essaynya.
2. Tes Praktek…kaya Fisika dan kimia (MM) biasanya ada ujian prakteknya yang memerlukan pemahaman teori.
3. UN, nah ini…soalnya ya dari kelas X ampe XII, yang bikin ya bukan guru kamu, bukan pula guru di ciamis tapi yang bikin dari pusat, standarnya Nasional artinya di ciamis sama di papua soalnya sama, yang ngawas juga bukan guru dari sekolahmu.

Nah bayangin aja kalo kamu hobi mencontek…gimana jadinya, mau ngope pelajaran dari kelas X,XI dan XII ?? segimana tebelnya ?? tapi mungkin ini masih bisa mencontek sama ujang einstein atau encep Newton ?? he..he..tapi ga gitu juga kali..kita lihat pada kesempatan lain yakni di dunia kampus.., alias kalo kamu dah jadi Mahasiswa..siswa yang maha…bukan siswa yang ga maha..he..he…kalo kamu oleh Alloh ditakdirkan jadi mahasiswa (boleh donk anak SMK nglanjutin ke kuliah) pasti banyak tes yang akan kamu hadapi, diantaranya
a. UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri) alias SPMB, itu loh tes kalo kamu mau masuk Universitas Negeri…ini katanya soalnya juga lebih kompleks, bisa jadi yang diujikan ada juga pelajaran SMP nya, bentuknya PG doank,kalo bener nilainya 4, kalo salah ya dikurangi 1, kalo ga diisi ( dibulatin) ga dikurangi ga ditambah (nol)…nah bayangin berapa kilometer kopean yang akan kamu buat, trus temen di depan, belakang. kiri dan kanan kamu saat tes itu bukan sohib se-geng mencontek kamu..he…he…trus jang einstein atau encep Newton yang kamu harepin tu juga ga ada. Artinya ga ka ada kesempatan mencontek sama sekali.
Maaf banget soal SPMB aku ga begitu faham, itu juga kata temen-temenku..karena aku sendiri ga pernah ngalamin SMPB…loh kok bisa ??? bisa donk…ada jalur lain kalo kamu mau masuk perguruan tinggi negeri..yakni PMDK (Penelurusan Minat dan Kemampuan)..itu loh masuk Perguruan tinggi dilihat dari prestasi belajaru di sekolah (raport), apakah bagus atau gak? Grafiknya turun atau gak?...pokonya usahain nilai rapormu dari kelas X,XI dan XII bagus kalo mau lolos PMDK.
b. Kalo kamu ga lulus trus masih ber-azzam (bertekad) menjadi mahasiswa kamu harus masuk Perguruan tinggi swasta yang biayanya realatif lebih suangat sekali Mahhhal..He..he…eh tau ga?? Pasti ada tes masuknya jg yang keadaannya relative sama dengan SPMB..yaa ga kan bisa mencontek sama sekali juga..

Jadi kalo kamu hobby banget nyontek, kira-kira bagaimana nasibmu di tes itu.insya Alloh ga bakanlan lulus, Kalo kamu lolos tes masuk itu kamu jadi Mahasiswa deach…he…he..nah kalo dah jadi mahasiswa ada tes lagi ga yach ?? ada donk…tes apaan ajah yach ? :
a. pre test atau post test, ini biasanya dihadapi mahasiswa-mahasiswa yang mau praktikum.
b. Ujian Mid Semester (tengah semester) dan ujian Akhir semester..ujian kaya gini sama persic ama ujian saat kamu sekolah. Bedanya dinalianya di KHS angkanya 0,0 (E) ampe 4,0 (A).
c. Ujian Proposal dan Ujian skrpisi, ujian ini ga bisa nyontek, abis bentuknya lisan sih,he..he.. kita prsentasi terus ditanya ama dosen penguji, biasnya lebih dari 3 orang penguji.
Memang ga beda jauh ama di sekolah…tp masih ada aja tuh orang yang di data dirinya Hobbynya mencontek..he..he..oo ya kalo ga lulus (nilainya kurang dari 2,0) maka harus mengulang pada semester lain…kagak ada remidi kaya di sekolah mu sekarang.kalo ga lulus lulus juga kamu bisa dapet gelar MA alias Mahasiswa Abadi..itu loh mahasiswa tua yang ga lulus2 kuliahnya ampe 12 tahun..he he
Nah kalo kamu lulus dengan mulus 4 tahun, he..he… ada tantangan tes satu lagi…buset ga ada habisnya yach, ngomong-ngomong tes apaan lagi yach ??
Yup…tes CPNS...itu loh tes kalo kamu mau menjadi Pegawai Negeri yang gajinya lumayan dan ga ada PHK nya he..he … kecuali negara ini bangkrut…He…he..tes nya varian soalnya banyak diantaranya tes pengetahuan umum, tata Negara, B. Indonesia, Psikotes, Skolastik, Logika Matematik….dan kadang ada Bahasa Inggrisnya…nah CPNS sama juga kaya SPMB…kagak bisa nyontek…He..He…pesertanya aja bisa ribuan, sebagai contoh CPNS banjar pesertanya 5 ribu yang lolos (dibutuhkan) hanya 3 ratus doank, di CPNS ciamis lebih banyak lagi…untuk guru SD aja yang daftar ampe 3 ribu yang dibuthkan 170 doang
Tidak berhenti di situ…pasti ada tes lagi abis kamu jadi pegawai negeri maupun swasta…ga usah diceritain disini yach !!
Intinya dari tulisan ini…tidak semua kegiatan tes itu ada kesempatan untuk mencontek, jadi bisa dibayangin kalo kamu hobby mencontek insya Alloh kamu bakal nyesel punya hobby itu..so…DO NOT CHEAT ON EXAMS…tinggalkan hobby mencontekmu mulai sekarang…OK ??...trus GAK ADA SEJARAHNYA ORANG SUKSES BELAJAR KARENA MENCONTEK…he..he
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

5 komentar

 
© www.suhendri22.blogspot.com
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top