Warung Online

06 Februari, 2009

MAU APA KITA SEKOLAH ? and MAU KEMANA SETELAH LULUS SEKOLAH ??

Pernahkah kita bertanya terhadap diri kita sendiri,sebuah pertanyaan yang mungkin aneh atau bisa jadi nyeleneh ?…mau apa kita sekolah ?? .Tulisan ini mungkin adalah salah satu bentuk autokritik…alias mengkritik diri sendiri dan setidaknya bersikap kritis terhadap diri kita sendiri… dan tentunya menyikapi temen-temen kita yang terkadang putus hubungan dengan nyamuk eh sekolah ditengah jalan..gara-gara urusan yang sepele bahkan kadang tidak jelas….



Sebelum diri kita menuai kritik and memanen kebingungan terus berfikir tujuh kuriling..he..he ….nah sebelum itu aku jelasin dulu autobiografi setengah hatiku tentang perjalanan ku makan sekolahan..he..he, minimal untuk menangkis..cie menangkis...hal negatiif yang bisa kamu tanyakan tentang kualifikasi si penulis….maksudnya mumpuni ga sih si penulis(alias aku he..he) dalam menulis artikel ini.. …boleh donks..singkat aja aku ga pernah lulus TK…kan ga pernah masuk TK…waktu itu belum ngetren sih…jadi aku langsung dimasukkan oleh ortuku ke SD Negeri Sukajadi 3, lulus 6 taun ga lebih ga kurang, trus masuk SMP Negeri 2 Ciamis,trus masuk SMA N 3 Ciamis…semuanya sangaat lancaar…alhamdulillah, sering-seringna mah ga pernah SPP…eit bukan karena di uniko(Usaha Nipu Kolot)…tapi gratis dari beasiswa, alhamdulillah lagi,trus masuk perguruan tinggi ngambil Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Solo..Alhamdulillah Cuma 4 tahun …he3…trus nganggur kira-kira 3 bulan…trus dapet kerja…dan Alhamdulillah dapet CPNS 2009…dah ah ceritanya kita lanjut ke sebab musabab kita sekolah…

Ada beberapa hal yang saya cermati kenapa orang sekolah :
1. Mau nuntut ilmu…loh ilmu kok dituntut ?? he..he…maksudnya mencari ilmu…yang ini mah jarang-jarang..bisa jadi ga ada
2. ngikuti tren jaman…kalo ga sekolah ga nge-tren…artinya cuma ngikut-ngikut orang banyak….nah ini sepertinya yang paling banyak…tapi ga pa2 ya kalo untuk kebaikan? …yang sudah terjadi terjadilah… He-he
3. karena disuruh orang tua…nah kalo yang ini kadang ga punya pendirian kadang juga sok manja…ya iyalah….mereka biasanya jadi ogah sekolah..dengan alasan dia masuk karena dipaksa orang tua..selain manja karakter yang ini jelas-jelas tidak bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri terlebih terhadap masa depannya…orang tua itu lebih tau apa yang kamu butuhkan..yang terbaik buat dirimu..jelas-jelas mereka lebih pengalaman dari pada kamu. Nah loh…
4. pengen gaul and dapet uang jajan…waduh ga salah tuh???...pergaulan memang penting untuk sarana meningkatkan kemampuan bersosialisasi kamu tapi bukan itu atuh alasan utama kamu bisa sekolah….apalagi kalo hanya untuk dapet uang jajan..ini mah lebih gawat…cirinya kalo dia libur pasti bilang…yah ga dapet uang jajan deh…nah penganut motto ini ada bakat jadi pengusaha Uniko..he..he…bisnis utamanya ngentit uang SPP.
5. dan masih banyak lagi sementara itu dulu yach..yang utama aja

Nah atas dasar itu maka kamu bisa menganalisis, kamu ada di posisi yang mana? Kalo kamu punya prinsip no 3,4 dan 5 segeralah tobat...lalu sebaiknya gimana?..sebaiknya kita luruskan niat…niatnya lebih utama untuk ibadah dan juga untuk membahagiakan orang tua kita…yang susah payah menyekolahkan kita, trus… niatin juga untuk mempersiapkan diri untuk masa depan kita… Nah sekarang kita analsis kenapa ada siswa yang putus sekolah.supaya kita tidak terjerumus kepada hal yang serupa, Ada beberapa alasan siswa putus sekolah:
1. karena males…maunya maen game, PS, Nonton TV sampe jalan-jalan ama kabogoh…guawwaat yang ini pasti hobbi utamanya bolos…atau bikin surat palsu bahwa dia sakit atau ijin…
2. Nyalahin orang tua yang masukin dia kesekolah terntentu…lebih guawwwat.
3. Nikah , karena sudah ada yang nungguin atau karena MBA (Married By Accident)…yang ini suppppper guawwwwat.
4. dan lain lain…
Lagi lagi solusinya hati-hati, jaga diri, jaga pergaulan dan luruskan niat..sampe benar-benar tobat….
Trus pertanyaan ke dua…mau kemana setelah kita lulus sekolah ???...ga pernah yach bertanya seperti itu ? he…he…eh padahal menurut penelitian di harvad university (untiversitas terkemuka di amerika), menurut penelitian di sana yang dilakukan terhadap mahasiswa dengan quisioner yang intinya menanyakan apakah mereka mempunyai tujuan tertulis atas masa depannya, ternyata di universitas se-caliber harvad saja masih sangat sedikit mahasiswa yang menuliskan rencana mereka setelah lulus dari universitas tersebut, dan ternyata dari sebagian orang yang pernah menuliskan rencananya (cita-cita) itu setelah lulus dari harvad mereka lebih sukses dan mempunyai pendapatan 3x lipat dari mereka yang tidak mempuyai rencana tertulis. Dan kita pun tau bahwa persangkaan Alloh itu sesuai dengan persangkaan hambanya..artinya apa yang kita rencanakan insyaAlloh Alloh mengabulkan, dan Alhamdulliah saya sendiri sudah sedikit menerapkannya dan Alhamdullilah Alloh mudahkan segala rencana saya..Nah sekarang mari kita tanyakan terhadap diri kita mau kemana setelah lulus sekolah ???. Ada beberapa Alternatif yang bisa terjadi….

1. Jadi pejabat (pengangguran Jawa barat)…ini mah bukan rencana tapi rencana berfartisifasi dalam rangka menambah angka kemiskinan di Indonesia khususnya Jawa Barat..he..he
2. nikah…wuisssh…Lah siapa sangka siapa duga ada Arjuna yang tampan nan rupawan, masih lajang, kerja mapan, bertanggung jawab, berwibawa dan berkepribadian (wiiii-bawa mobil…wiii -bawa motor, wiiii….he..he dan tentunya itu rumah pribadi motor pribadi, mobil pribadi…bukan motor bapaknya)…kalo itu terima aja…namun harus dipikirkan ulang kalo si Arjuna itu belum punya masa depan yang jelas..apalagi sama-sama baru lulus sekolah….pokonya fikirkan lagi masak-masak deh sebelum terlambat…he…he..cinta ga bisa dimakan sama kecap…he..he
3. Kerja..ini lah alternative ke 2 yang bisa jadi terjadi.he..he…tapi sekarang agak susah mencari kerja dengan modal izasah SMA/SMK, kalo pun dapat biasanya hanya dapat kerja yang kurang bisa mendukung masa depan…rasanya kurang cukup itu izasah…
4. Kuliah..ini alternative terbaik untuk mendukung masa depanmu yang lebih gemilang, terbukti bahwa pendidikan mampu meningkatkan taraf hidup seseorang…untuk masalah perkuliahan…tunggu aja tulisan berikutnya yach…nanti tulisan ini kepanjangan trus jadi bosen deh…He..he…yang jelas mungkin ini bisa jadi alternative terbaik buat hidupmu…
Jadi intinya mari kita luruskan niat kita untuk sekolah trus rencanakan masa depan kita dan yang penting jangan putus sekolah
Katerangan :
• Uniko(Usaha Nipu Kolot)=usaha untuk menipu orang tua..istilah sunda utnuk anak-anak yang suka korupsi terhadap uang SPP dari orang tuanya.
• Kabogoh=pacar
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© www.suhendri22.blogspot.com
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top