Warung Online

06 Maret, 2009

KIAT SUKSES mengalahkan UN (Ujian Nasional)

(oleh : Suhendri)

Tidak dipungkiri bahwa UN alias Ujian Nasional sudah menjadi hal yang kayaknya seperti hantu blau yang menyeramkan…he…he..berbagai cara telah dilakukan sekolah untuk menyiapkan siswa-siswinya agar tidak tumbang dalam peperangan melawan hantu blau tersebut, ada yang dibekali dengan jurus-jurus jitu sampe di latih dengan ilmu kanuragan di kawah candradimuka yang bernama pengayaan, trus dicoba turun gunung dengan program bernama Tutug Oncom eh Try Out…namun hasilnya pendekar-pendekar itu banyak yang tergelepar, trus diberi lagi traitmen lanjutan dengan sampo yang lebih efektif agar sang hantu blau yang mirip ketombe itu rontok …he…he…biasanya langkah selanjutnya adalah diberi asupan rohani biar tidak hanya segi fisik saja yg kuat tapi juga dari segi mental spiritual juga tangguh. He…he…
Sementara itu apa sajakah yang telah dan sedang dilakukan para pendekar2 itu secara personal parsial yang terlepas dari program sekolah??….apa ya kira2..jawabannya ada di benak ki sanak sendiri…he…he…eh tapi aku punya sedikit kiat sukses neh biar kita bisa menghadapi sang hantu bernama UN ini....
Untuk mempermudahnya kita bagi saja dengan kegiatan Pra-UN, hari-H UN dan pasca-UN.
A. pra UN
kita analisis sedikit apa yg telah kita lakukan untuk mengahadapi UN ini, mungkin kebanyakan dari kita hanya terdiam membisu dan melongo alias gak peduli sama yang namanya UN, mereka dari golongan ini biasanya masih asik masyuk dengan program main-main mereka…seperti jalan2, sophing, pacaran, nonton TV, nge-game de el el dech...mereka akan membiarkan Sang UN berlalu dengan melenggang kangkung mengalahkan dan membasmi mereka secara telak…KO dech he..he… nah apa kira-kira yang seharusnya kita lakukan dalam mempersiapakan mengadapi UN ini, ada beberapa hal yg bisa kita lakukan :
1. ikuti semua program pengayaan dan semacamnya dari sekolah dengan sabar dan penuh tanggung jawab sebagai anak pramuka…he…he..

2. cari informasi sebanyak-banyaknya terkait UN, termasuk cari juga prediksi soal2 UN yang sekarang sudah banyak bertebaran di dunia maya bernama internet yang buanyak and guaratisssss tisss tisss pula…
3. banyak2 latihan soal, terutama pelajaran yang membutuhkan ekstra ketelitian seperti matematika, menurut guru-guru matematika yang saya wawancarai…he…he…ternyata biang kerok kesalahan dalam menjawab soal adalah kekurang telitian dalam mengerjakan soal…seperti yang sederhana kayak gini -3-2 = 5…ayo jawabannya yang benar berapa ??? kalo blum tau ayo balik lagi ke TK sonoh…he…he…hal-hal yang semacam itu walau sederhana tapi akibatnya fuatal minta ampun coy…nah untuk mengatasi problematika seperti itu maka bisa dihindari dengan sering-sering mengerjakan soal Matematika. Lalu bagaimana dengan soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris…ga jauh beda juga…menurut survey ternyata sebagian besar pendekar-pendekar itu terkecoh dengan jurus sang hantu Blau UN… realnya karena banyak buanget options jawaban yang serupa tapi tak sama dan tak semuanya benar. Ya kan???. Jadi terkecoh deh…jadi salah dech…nah biar ga terkecoh lagi ama jurus Si UN maka alternative satu2 nya adalah sering-sering berlatih…just it…
4. kalo dah berlatih lalu dapet masalah tanyain aja ama guru yang bersangkutan…Insya Alloh guru kalian akan dengan senang hati membantu.
5. hentikan segera program main-main kamu terutama pacaran kamu…fokuskan seluruh perhatian kamu untuk mensukseskan pemilu eh mensukseskan UN kamu sendiri
6. berdoalah setulus jiwa sekuat hati dan seikhlas diri, biasakan juga shalat malam dan puasa senen kemis agar kamu pas hari H-nya lulus ya coy..he…he.
7. minta doa sama kedua orang tua, karena doa mereka itu terkenal sangat mustajab…kalo mereka dah ga ada atau ga ada ditempat maka minta lah doa ama orang yang dianggap ortu ama kamu kaya nenek dan kakek atau bibi dan mamang atau sapa lah
8. minta doa sama aki dan nini,raka dan adi,emang dan bibi,ua dan…. (ngomong-ngomong ua ga a temennya ya??..he…he) juga sohib-sohib kamu, and yang penting juga guru-guru kamu. Ustad, ustadzah kamu…coba kalo dikumpulin…dah buanyak tuh doa terbaik buat kelulusan kamu..ya kan ??? apalagi kalo ditambah ama doa ibu kos, tukang nasi langganan kamu, tukang ojek, tukang pek pek…he…he

9. minta maaf dg tulus ikhlas atas kesalahan yang extra buanyak sama orang-orang yang saya sebutin diatas…terutama sama ibu bapak kamu agar tidak ada beban di hati kita…

B. hari H
Hari H…..hari tersebut sepertinya hari penentuan antara hidup dan mati kamu, hari dimana kamu diuji sejauh mana kualitas belajar kamu selama 3 tahun ini, hari penentuan, walau bukan hari segalanya…cie…cie…cieh bgt deh….he…he…lantas apa yang harus kita lakukan pas hari tersebut…

1. pada hari H siapkan alat-alat perang dari mulai parang, bedog, tameng…he…he…maksudnya…
• pinsil 2B , ingat jangan beli bajakan..he…he.. nanti scannernya ogah baca LJK kamu,, pinsil ini ibarat pedang kalo pinsilnya tumpul nanti hasilnya kurang baik atau kalo bajakan itu sama saja dengan membawa pedang plastic bukan ??..he..he.., terus pinsil 2B nya jangan Cuma bawa 1 bawa 2 minimal, agar kalo pinsilnya tumpul atau patah ada gantinya…inga..inga…waktu untuk mengerjakan soal itu sangat berharga…jangan sampe waktu kamu habis untuk nyerutin pinsil atau bahkan nyari pinsil baru..konyol itu namanya…kaya pas perang bawa asahan pedang…kamu di medan perang kerjaannya cuma ngasah pedang…ya cepet mati donk…kalo yang ini bukan konyol tapi nyari mati kan ??? he…he… eh tapi rautan mah bawa aja yah…he…he…

• penghapus/panghapus/stip…ini juga sangat penting…jika kamu mau mengganti jawaban…ingat beli penghapus asli untuk LJK jangan penghapus hadiah yang diperoleh adikmu dari ciki atau babalonan…he..he.. beda donk kualitasnya apalagi pake karet gelang yang diuntel-untel…wah dah ga jaman coy…, usahakan beli penghapus yang baru yang masih bersih dan putih, kalo ga mampu beli yang baru…potong (iris) aja tuh pengahapus pake silet biar penghapusnya jadi bersih lagi… jangan berencana pinjem ama temen lain pas ujian…wahh kacau itu mah…nanti waktu kamu habis untuk nyari pinjeman..iya kalo ada yang bawa…gimana kalo semuanya berfikiran mau minjem aja…gawwaat kan??? apalagi tu pengahapus dilempar2 kaya pisau terbang…ilang…kotor gimana ayo…modal dikit kenapa sih ???
• tameng…eh alas…siapkan alas…alas bisa terbuat dari papan tripleks (papan krani pramuka) atau kaca nako…modal dikit donk… he…he…kaca memang teksturnya lebih baik…jadi kaca hasilnya lebih baik tapi resikonya rentan pecah….saya liat di satu kelas yang saya awas pas TO ternyata hanya 2 orang yang membawa alas…alhasil mereka yang bawa alas hasilnya lebih baik.
• Kalo perlu siapkan juga penggaris untuk membantu memberi bulatan…yang sudah banyak tersedia di toko2 dan warung2 terdekat…he…he…

2. setelah semua alat dan perlengkapan sudah tersedia berarti kamu udah siap mengahadapi segala macam anacaman…he…he… nah sebelum kamu pergi dari rumah jangan lupa minta doa lagi ama kedua ortumu atau yang sudah dianggap ortu bagimu atau via telpon jika kamu nge kos…yang jelas semuanya akan membuat kamu tenang dan siap menghadai ujian…
3. cukupkan porsi tidur dan istirahatmu, jangan ampe kesiangan masuk sekolah..kalo kesiangan mah namanya konyol lagi…
4. setelah tiba disekolah…sebisa mungkin kamu ga ada aktifitas menghafal lagi karena itu akan membuat otakmu jadi agak puyeng…he…he.. maksudku jadi malah ga tenang….tapi bukan berarti malah jadi ngerumpi…yang jelas bikinlah suasana tenang dalam jiwa terdalammu…cie…

5. setelah masuk kelas…..berdoa lagi….terus….yang perlu diperhatikan saat ujian adalah :
• jangan salah dan jangan lupa mengisi identitas secara lengkap…apalagi gak diisi semuanya…wah itu mah gawwwat…tim pemeriksa LJK kamu nanti gak akan peduli LJK mu terbaca atau gak ama scanner computer..
• hitamkan identitas dan jawaban kamu agar bisa terbaca scanner…jangan sampe huruf options jawaban yang kamu hitamkan masih bisa diterawang….itu berarti kurang hitam..awas jangan dihitamkan ama pulpen…gawwat itu mah.

• jangan ampe basah ama iler kamu…he..he…jangan bolong, jangan terlipat apalagi dilipat kaya origami, jangan disobek2…he…he… jadi bawa juga sapu tangan buat ngelap keringat kamu…
• so… pas dapet LJK periksalah kondisi kesehatan LJK kamu…he…he…kalo ga sehat bawa aja ke puskesmas..he..he..kalo tidak memenuhi syarat wajib diganti tuh…
• pokokmen LJK itu nyawa kamu deh…
Kalo semua hal tersebut diatas dah kamu lakuin maka kita sudah berusaha dan hanya Alloh sajalah yang menentukan keberhasilan kamu, so….sambil menunggu hasil perjuangan kamu (pasca hari H)…kamu wajib berdoa lagi yang lebih kuat….itu saja dari saya semoga sang hantu blau bernama Un bisa tumbang ama kamu dan bermanfaat bagi perjuangan kamu…and kamu bisa sukses abissss…bisa ngejar cita-citamu…OKeh?...Okeh donk…
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© www.suhendri22.blogspot.com
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top