Warung Online

13 Mei, 2009

Penting Buat Kamu yang Hobi Bengong dan Tidur di Kelas Saat Diskusi


Hmm…pernah ga mengalami suatu hal seperti judul posting ini?....maksudnya pernah ga kamu bengong atau tertidur di kelas saat temanmu asyik sendiri mempresentasikan makalahnya …atau malah berfikir temanmu itu sedang BELAJAR MEMBACA hingga kamu ga faham apa yang dia presentasikan dan sampai-sampai kamu pun ga tahu apa judul presentasinya?...he…he….



Hmmm…terus kamu berfikir keberadaan kamu itu nyaris ga penting,trus nyari kegiatan lain deh..mulai menulisi meja dengan alamat hp kamu yg bisa dihubungi (promosi nih ye??), atau menggambar dengan gambar-gambar ga yang terlalu abstrak, atau nulis puisi yang ga tersalurukan, atau nyuri-nyuri kesempatan sms-an ama temanmu di luar sana, atau buat diskusi baru tentang gosip selebritis dengan teman dekatmu….he…he…wah berarti kamu ga memperhatikan mereka yang presentasi donk…atau malah yang presentsi juga ga peduli diperhatiin ama kamu
Stop menyalahkan orang lain…kita mulai belajar bertanggung jawab aja yuk..yang menjadikan kamu ga penting itu sebenarnya sipa sih ??...kalo mau jujur yaaa kita sendirikan penyebab masalahnya, kita tidak bisa berfartisipasi aktif dan malah menyibukkan diri kita sendiri dengan hal-hal yang sama sekali ga penting banget deh…he..he
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu berbuat demikian dan kalo kamu mau lepas dari kebiasaan buruk itu, mari kita cari solusinya, yuukkk, pertama kita analisis apa kira-kira penyebabnya :
1. materi presentasinya rasanya ga penting buat kamu…solusinya ya bentuk fikiran kamu supaya kamu merasa penting dengan materi itu…misalnya berfikir kalau suatu saat kamu akan membutuhkan pengetahuan itu dalam kehidupan kamu sehari-hari.
2. suara yang preesntasi ga kedengaran…caranya intruksi donk biar presentator yang jelas-jelas teman kamu untuk mengencangkan volume suaranya.
3. biar kamu bisa berfartisipasi aktif, ramaikan aja kelas kamu dengan sedikit sentuhan kreatifitas…buatlah sebuah pertanyaan yang sederhana sesuai dengan tahaf berfikir kamu, dan jangan buat pertanyaan yang terlalu tekstual…nanti kesannya pertanyaan kamu itu ga mutu dan kamu kelihatan aga bego…he..he…jadi buatlah pertanyaan-pertanyaan yang aplikatif,fikirkan masalah-masalah yang berkaitan keseharian, atau buatlah pertnyaan yang aneh dan nyeleneh, tapi tetap sesuai dengan tema presentasinya donk...ARTINYA BERTANYALAH SECARA KONTEKSTUAL JANGAN TEKSTUAL…serumit dan senyeleneh apapun pertanyaan kamu akan dihargai oleh teman dan guru/dosen kamu, dan kalo presentator ga bisa jawab maka guru/dosen kamu akan mencoba untuk menjawab pertanyaan kamu secara baik..
4. trus tip lainnya adalah jangan takut sama teman kamu yang terkenal genius…yakinlah bahwa taraf pengetahuan kamu dengan teman kamu sekelas adalah sama..si genius juga belum tentu akan menjatuhkan argument kamu.

semakin kamu banyak berlatih untuk bertanya maka kamu akan mempunyai skill yang luar biasa dalam bertanya…dan dalam setiap kegiatan diskusi kamu akan lebih menonjol dan LEBIH PUNYA TASTE…..so…hidupkan kelas kamu, jadikan keberadaan kamu lebih berarti…jangan bengong kalo ga kena virus tetelo…he…he…


NB: setelah di cek bahasanya ternyata belibet neh tapi ga pa-pa deh..enjoy aja..eh ini juga bukan dikhusukan untuk seseorang..tapi diilhami dari kisah nyata seh...



Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© www.suhendri22.blogspot.com
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top