Perbedaan Tugas Terstruktur dan Tidak terstruktur

Apa itu tugas mandiri terstruktur (TMT) dan tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT) ? Mungkin rekan atau kita sering mendengarnya namun apa perbedaan diantara keduanya. Kedua tugas mandiri ini, sesuai dengan namanaya mandiri berarti tugas yang diberikan atau yang harus diselesaikan seorang siswa setelah ia memperoleh atau menyelesaikan suatu kegiatan belajar dalam sebuah mata pelajaran atau bidang studi. Apalagi dengan berlakunya KTSP di mana implementasi KTSP (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) salah satunya sangat akrab dengan tugas mandiri ini. Suatu tugas dikatakan mandiri terstruktur manakala tugas itu diselesaikan seorang siswa dengan batas yang telah ditentukan oleh guru. Misalnya tugas itu dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya atau beberapa hari lagi tergantung guru. Dan tugas mandiri tidak terstruktur manakala tugas itu diselesaikan dan dikumpulkan pada batas maksimum yang telah ditentukan oleh guru dan siswa boleh mengumpulkannya kapan saja yang penting antara renatng batas maksimum yang telah ditentukan. Misalnya tugas dikumpulkan paling lambat satu minggu sebelum midle semester atau satu minggu sebelum semester atau dua minggu sebelum ujian nasional, dll. Namun sebaiknya tugas mandiri ini dibarengi dengan pegangan murid seperti konsep materi pembelajaran dari guru, diktat , modul, bahan ajar lainnya, seperti perpustakaan sebagai referensi mereka dalam melaksanakan tugas tersebut. Bisa juga koran atau Internet. Kalau memang tugas itu berat boleh dikerjakan secara berkelompok. Sebagai gambaran saya sajikan contoh TMT dan TMTT, bidang studi PKn adalah :
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Kegiatan Waktu Keterangan
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka 1.2. menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan Berikan contoh nilai praksis yang hidup, berkembang, dan dilaksanakan oleh semua warga sekolahmu sebagai wujud dari nilai instrumental, yaitu Tata Tertib Sekolah. Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka 1.3. Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai ideology terbuka Amati perilaku masyarakat sekitar tempat tinggalmu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila mulai sila pertama sampai kelima. Klasifikasikan menurut masing-masing sila. Dikumpulkan 3 hari sebelum mid semester. Tugas tidak terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan 2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan Negara Indonesia Gambarkan dalam satu lembar kertas manila struktur ketatanegaraan RI, kemudian analisa serta berikan deskripsi mengenai perbedaannya, baik dari segi lembaga negaranya maupun tugas dan fungsi lembaga Negara tersebut. Waktu pengumpulan tugas pada pertemuan berikutnya Di presentasikan di depan kelas.
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan 2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan Negara Indonesia Amati dan analisa pasal-pasal dalam UUD 1945 yang menyangkut system Check anda Balances antar lembaga Negara (Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif), dan buatlah analisamu mengenai check and balances ketiga lembaga tersebut. Waktu pengumpulan tugas paling lambat 3 hari sebelum ujian semester Tidak Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan 2.3. Membandingkan pelaksanaan system pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan Negara lain Amati dan analisa berita di TV, Internet, Koran, tentang peristiwa yang terjadi di Negara kita. Tunjukkan kelemahan dan kelebihan system pemerintahan RI dari peristiwa yang terjadi di Negara kita tersebut. Dikumpulkan paling lambat 3 hari sebelum ujian semester Tidak Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi 3.1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia Cari berita di Koran atau majalah yang berkaitan dengan fungsi pers sebagai media Informasi, media pendidikan, Fungsi hiburan, fungsi kontrol sosial dan pers sebagai lembaga ekonomi. Berita –berita tersebut dibuat kliping dan dibawahnya diberi deskripsi, yaitu termasuk fungsi apa. Waktu pengumpulan tugas sebelum ulangan mid semester Tidak Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi 3.2. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia Menganalisis pelanggaran kode etik jurnalistik dari Tayangan TV, siaran radio, atau internet. Pelanggaran tersebut melanggar pasal berapa kode etik jurnalistik. Waktu pengumpulan tugas pada pertemuan 2 minggu berikutnya Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi 3.2. Mengevaluasi kebebasan pers dampak penyalah gunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia
Cari berita di Koran atau majalah kemudian analisa berdasarkan rumus 5W + 1H.
Menyusun atau menulis sebuah berita aktual yang sedang hangat saat ini, atau berita apa saja diperbolehkan. Penulisan harus menggunakan rumus 5W + 1H.
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi 3.2. Mengevaluasi kebebasan pers dampak penyalah gunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia Menjadi Reporter dan menyusun pedoman wawancara untuk siaran Radio, atau TV, topik wawancara bebas. 2 jam pelajaran untuk minggu berikutnya Tugas terstruktur dan dipraktikkan di depan kelas minggu berikutnya
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
4. Mengevaluasi dampak globalisasi 4.1.Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Mengamati perilaku dan gaya hidup masyarakat disekitar tempat tinggalmu sebagai tanda-tanda dari globalisasi.
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
4. Mengevaluasi dampak globalisasi 4.2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan Negara indonesia
Mengevaluasi dampak positive dan negative dari globalisasi yang kamu lihat, rasakan selama ini dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari.
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
4. Mengevaluasi dampak globalisasi 4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan Negara indonesia
Memberikan contoh sikap slektif dalam menghadapi pengaruh negative globalisasi. Misalnya: dengan adanya Handphone tentunya ada akibat negatifnya misalnya, pornografi, lalu apa sikap slektif yang dapat kamu lakukan.
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya Terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
4. Mengevaluasi dampak globalisasi 4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara indonesia
Meresensi tulisan di Koran, majalah, atau internet tentang pengaruh globalisasi dalam kehibdupan bangsa dan bernegara
Tugas dukumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya Tugas terstruktur
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
4. Mengevaluasi dampak globalisasi 4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara Indonesia
Membuat karya tulis dalam bentuk makalah dengan tema dampak dari globalisasi
Pembuatan karya secara berkelompok maksimal 6 orang per kelompok.
Terserah siswa paling lambat 1 (satu) minggu sebelun ujian nasional Tugas tidak terstruktur dan dipresentasikan di depan kelas
ADVERTISEMENT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel