Tinjauan Akal dan Pikiran Perempuan Berdasarkan Hadist dan Sains

Keshohihan sebuah Hadist merupakan kemutlakan yang tidak bisa diragukan hanya karena terdapat oknum-oknum yang meragukan kebenaran islam berusaha mendiskreditkan kesempurnaan risalah Agama ini lewat  Syubhat-syubhat yang mereka dakwakan kepada salah satu Hadist yang menyebutkan perempuan sebagai kaum yang kurang akal dan pikiran (menurut asumsi mereka). Mereka mengklaim Islam telah merendahkan martabat perempuan dan mengangap terbelakang dari kaum lelaki, hal ini sangat bertentang dengan konsep persamaan jender dan feminisme, dan tidak sejalan dengan ilmu pengetahuan modern …
Dan sangat disayangkan, terdapat beberapa Da`i bahkan Ulama yang berusaha mengobati keracunan interpretasi ini dengan mengeluarkan statemen bahwa Rasulullah Saw saat itu sedang bercanda bersama isteri-istrinya sehingga berkata demikiaan !?, bukannya mengatasi masalah tetapi malah memperparah penyimpangan tersebut, karena kita semua mengimani bahwa Beliau tidaklah berkata berdasarkan kemauan hawa nafsunya, bahkan pada saat bergurau, beliau tetap berkata benar.
Maka dari itu, di sini kita akan beralih ke ilmu pengetahuan modern dan mencari seluk beluk perbedaan antara pria dan wanita dari segi mentalitas dan tinjauan agama…Jika terbukti bahwa perempuan kurang dari laki-laki di dalam asperk tersebut, maka Hadis ini merupakan Mukjizat ilmiah dan bukan canda Rasulullah Saw.

Hadist Nabawi
يا ‏‏مَعْشرَ‏ ‏النساء تَصَدَّقْنَ وأكْثِرْن ‏‏الاستغفار، فإني رأيُتكُنَّ أكثر أهل النار. فقالت امرأة منهن ‏جَزْلة (أي ذات عقل راجح): ‏‏وما لنا يا رسول الله أكثرُ أهل النار؟ قال: تُكْثِرْنَ اللَّعن،‏ ‏وتَكْفُرْنَ‏ ‏العشير، ‏‏وما رأيت من ناقصاتِ عقلٍ ودين أغلبَ لذي ‏لبٍّ‏ ‏مِنْكُن. قالت يا رسول الله وما نقصانُ العقل والدين؟ قال: أما نُقصانُ العقل فشهادة امرأتين تعْدِلُ شهادةَ رَجُل، فهذا نقصان العقل، وتَمكثُ الليالي ما تُصلي، وتُفطر في رمضان، فهذا نقصان الدين [رواه البخاري ومسلم].‏
Terlebih dahulu kita akan merenungkan rincian Hadist yang meriwayatkan bahwa pada suatu hari raya `Ied Rasulullah Saw melewati para kaum perempuan, lalu Beliau berkata: “Wahai kaum perempuan bersedekahlah dan perbanyak istiqfaar, karena sesungguhnya saya melihat kebanyakan penghuni nereka (dari) kaum perempuan”, kemudian berkatalah seorang yang arif dari mereka (perempuan): “Mengapa kebanyakan dari kami penghuni neraka?, kemudian Beliau berkata: “ (karena) kalian kerap kali melaknak, dan tidak mensyukiri (mengingkari) kebaikan suami, dan  saya melihat kalian kurang akal dan agama (tetapi) sanggup mengalahkan akal (kaum) lelaki”, lalu perempuan itu berkata: “ apa maksud dari kurang akal dan agama?, Belaiu menjawab: “ ada pun kurang akal (adalah) kesaksiaan dua orang perempuan sebanding dengan kesaksian seorang lelaki, maka ini yang (dimaksud) kurang akal, dan (dikarenakan) kalian sering kali melewati malam tanpa sholat, dan berbuka di bulan Rhomadhon, maka demikian (disebut) kurang agama. (HR. Bukhari dan Muslim)

Interpretasi Ilmiah
Apa sebenaranya tafsiran ilmiah dari kata `Pikiran`? seperti yang diketahui  dalam pengetahuan modern bahwa otak dan jantung merupakan dua organ utama yang bertanggung jawab dalam berpikir, kesadaran, persepsi, pemahaman,pengambilan keputusan, emosi dan proses berpikir… Otak memiliki miliaran sel yang beroperasi secara terus menerus bahkan saat tidur, dalam rangka menyelia kerja seluruh tubuh, dan jantung berfungsi mengurus aktifitas otak.. dan seterusnya.

Otak perempuan lebih kecil
Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa otak perempuan lebih kecil dari otak lelaki hingga 10 %, dan ukuran jantung permpuan lebih kecil dari jantung lelaki, dan dengan demikian terdapat perbedaan dalam jumlah sel-sel otak dan jantung, di mana perbedaan ini diperkirakan mencapai miliar sel !, maka dari itu terdapat perbedaan mencolok dari jumlah sel-sel jantung dan otak antara perempuan dan laki-laki.
otak1
Para ilmuwan menegaskan bahwa perbedaan antara otak laki-laki dan otak perempuan sangat besar, yang berdampak terhadap perbedaan cara berpikir, perilaku, reaksi, dan berpersepsi terhadap sesuatu … Dan mungkin diantara pemicu utama terjadinya banyak perceraian disebabkan ketidak mampuan memahami perbedaan cara berfikir antar pria dan wanita.

Penurunan sel-sel otak pada perempuan
Sesungguhnya kemungkinan penurunan jumlah sel-sel otak pada manusia yang bisa berujung dengan penyaikt demensia atau kehilangan memori lebih banyak menimpa kaum wanita dari pada lelaki, dikarenakan jumlah sel-sel otak lelaki lebih banyak, dan kita tahu bahwa penyebab demensia adalah rusaknya sel-sel otak pada saat penuaan usia, dengan sedikitnya jumlah kandungan sel-sel otak permpuan akan mempercepat kemungkinan demensia dibanding kaum lelaki.
Dalam penelitian yang dirilis oleh Harvard University ( 2007) Dr Jill Goldstein menyantakan bahwa ada perbedaan yang sangat besar antara akal lelaki dan permpuan , baik dalam jumlah besar atau berat atau cara menangani informasi, serta terdapat perbedaan jumlah sel masing-masing daerah pada otak … Secara umum, otak perempuan lebih kecil dari otak manusia .
Hal ini juga ditemukan ilmuwan Kanada baru-baru ini bahwa otak wanita lebih aktif dari pada otak lelaki oleh karena itu otak lelaki lebih baik dalam hal stabilitas dan kenyamanan dan tidur , sementara itu kita sering menemukan perempuan dalam kondisi dan tegang cemas dibanding laki-laki bahkan pada saat tidur , dikarenakan otak lelaki kerap dalam kondisi tenang. Maka dari itu kaum perempuan harus mengusahankan untuk mengimbangi hal tersebut dengan memperbanyakan amal kebaikan misalakan, yang akan meningkatan stabilitas otak memilikinya.

Keistimewa fungsi masing-masing
Otak lelaki dapat menangani lebih dari satu kasus pada waktu yang sama dan otak wanita menangani hanya satu kasus, Tapi otak wanita unggul dari otak lelaki dalam kemampuan menaggung rasa kepelikan dan kesabaran dalam mendidik anak-anak atau hal yang serupa… Subhanallah , Allah memberikan fungsi spesifik masing-masing pada pria dan wanita sesuai tabiaat dan peranannya dalam kehidupan.
otak2
Para ilmuwan mencoba memahami realitas berpikir perempuan dan perbandingannya dengan pikiran laki-laki untuk menemukan lebih banyak perbedaan sehingga masing-masing memiliki keistimewaan… Tapi hasilnya, otak pria dan otak wanita bekerja dengan cara yang sempurna dan masing-masing menjalankan fungsinya secara optimal.

Koneksi otak perempuan kurang
Jumlah koneksi antara sel-sel otak neuron di otak perempuan lebih sedikit jika dibandingkan dengan otak milik laki-laki, koneksi-koneksi yang terdapat di antara sel-sel otak sangat mempengaruhi kecepatan dalam berpikir dan mentransfer informasi lewat sel-sel otak, tetapi terdapat bagian yang bertanggung jawab pada emosi di otak perempuan yang lebih besar, maka dari itu wanita lebih emosional, Sentimental, dan mampu membangkitkan emosi sehingga sangat berpontensi dalam godaan dan memprovokasi emosi. para ilmuwan mengatakan bahwa perempuan lebih mampu menangkap sinyal emosional daripada pria .. Oleh karena itu, Nabi saw bersabda :
(وما رأيت من ناقصاتِ عقلٍ ودين أغلبَ لذي ‏لبٍّ ‏ ‏مِنْكُن) dan  saya melihat kalian kurang akal dan agama (tetapi) sanggup mengalahkan akal (kaum) lelaki”.
Maka hal ini dapat dijadikan kesimpulan ilmiah bahwa perempuan sangat berpotensi dalam menarik dan memprovokasi emosi kaum lelaki walaupun kita mengetahui jika otak perempuan kuang dan lebih kecil !.
Otak lelaki tergolong pada level tinggi spesialisasi di mana setiap bagian dari bagian-bagiannya memiliki kekhususan tersendiri dalam mengatasi bebagai masalah, sementara diketahui bahwa wanita ketika mengatasi suatu masalah hampir sebagian besar otaknya berfungsi… hal tersebut merupakan kekurang bagi akal perempuan di mana kemampun untuk mengambil keputusan kurang unggul jika dibandingkan laki-laki yang dengan keistimewaan akalnya lebih unggul dalam pengambilan beberapa keputusan dari berbagai permasalahan pada saat yang sama.
otak3
Para ilmuwan menemukan bahwa jumlah distribusi dan pengurangan unsur abu-abu (pada gambar) di otak berbeda antara pria dan wanita,  dan unsur ini semakin berkurang ketika perempuan tertimpa  skizofrenia atau penyakit gangguan mental, dan di sini kita menemukan bahwa otak pria lebih tahan dari waktu ke waktu dalam keadaan sulit… maka itu Nabi Saw mewasiatkan “Perlakukanlah wanita dengan sangat baik “ [ Bukhari dan Muslim ], hadist ini menegaskan pentingnya perhatian lelaki terhadap perempuan, belas kasih dan berbuat baik kepadanya.

Otak lelaki lebih efisien
Otak wanita sangat berat mengatasi keadaan sulit yang membuat perempuan menjadi tertekan dan khawatir lebih banyak daripada pria, kekurangan ini dapat mengurangi kemampuan perempuan dalam memecahkan masalah, beradaptasi dengan keadaan, dan mendapatkan lebih banyak kebahagiaan, Bahkan otak wanita memproduksi lebih sedikit hormon serotonin ( otak lelaki menghasilkan 50 % lebih beanyak ) hormon ini bertanggung jawab untuk kebahagiaan .. Ini juga merupakan kerungan bagi perempun.
Studi MRI dan tes IQ yang dilakukan pada pria dan wanita, menunjukkan sedikitnya sel-sel yang terdapat pada wanita , sehingga kemampuan perempuan untuk melakukan perhitungan matematika kurang dari kapasitas lelaki.
otak4Sebuah penelitian ilmiah dengan mengunakan MRI terhadap otak laki-laki dan permpuan, memperlihatkan otak perempun banyak terpengaruhi dalam kondisi stres dan kecemasan yang dihadapi sehari-hari dibandingkan laki-laki, oleh karena itu wanita perlu melakukan stabilisasi dengan amalan-amalan kebikan seperti bersedekah kepada orang miskin, dan memuliakan para tamu, dengan begitu akan memberikan kekuatan tambahan dalam menahan tekanan psikologis…demikianlah Rasulullah Saw mewasiatkan kepada kaum perempun: “Wahai kaum perempuan bersedekahlah dan perbanyak istiqfaar….”

Konklusi Pembahasan
Dari pembahasan ini kita bisa menarik kesimpulan Mukjizat Ilmiah dari Hadist Rasulullah Saw dalam beberapa poin:
1. Deskripsi Nabi Saw terhadap permpuan bahwa mereka `kurang dalam pikiran` merupaka pengistilah ilmiah yang sangat terperinci dan tepat, di mana para ilmuwan telah membuktikan ukuran otak perempuan, jumlah sel-sel otak, ukuran jantung dan jumlah sel-sel jantung lebih kurang atau sedikit jika dibangan dengan otak dan jantung lelaki.
2. Otak dan jantung adalah organ bertanggung jawab dalam hal berpikir, berpersepsi dan berhitungnya manusia, serta dalam merenungkan dan memahami sesuatu… oleh karena itu kurangnya ukuran dan jumlah sel-sel otak dan jantung pada perempuan, menyebabkan pengurangan efisiensi dan tingkat persepsi dan kapasitas pengambilan keputusan dan kemampuan untuk perhitungan dan sebagainya.
3. mengenai perkataan Nabi Saw kepada para perempuan “ saya melihat kalian kurang akal dan agama (tetapi) sanggup mengalahkan akal (kaum) lelaki” merupakan realitas yang disimpulkan oleh para ilmuwan pada akhir-akhir ini, bahwa otak wanita unggul dengan kemampuannya dalam membangkitkan perasaan pria, meneriman pesan-pesan emosional yang lebih dari laki-laki, maka dalam kasus ini perempun unggul seperti yang disabdakan Rasulullah Saw (أغلبَ لذي ‏لبٍّ ‏مِنْكُن) di mana tafsiran ilmiahnya: Meskipun kurangnya ukuran otak perempuan, tetapi memiliki kemampuan mengalahkan otak laki-laki yang lebih sempurna dikarenakan keistimewaan otak yang dia miliki.
4 . kurangnya akal perempuan tidak berarti mereka kurang dari laki-laki , karena Allah Swt melihat kepada  iman dan perbuatan baik manusi , dan Allah Saw tidak membedakan antara pria dan wanita kecuali dengan amal perbuatannya: “Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan…” [ AliImran : 195 ]
“Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun” [ An-nisaa : 124 ]
5 . sesungguhnya Allah menciptakan setiap jenis kelamin wanita atau pria berdasarkan karakteristik, dan sesuai dengan peranan yang akan mereka jalani untuk menjamin kelangsungan hidup di Bumi. Maka perempuan memiliki peranan rumit dan berat seperti melahirkan dan membesarkan anak dan memperhatikan kebersihan rumah, makanan, minuman, dan perhatian terhadap anggota orang … Apa yang akan terjadi jika Allah Swt menciptakan pria dan wanita dengan tingkat pikiran, akal, otak dan jantung yang sama.. .mungkin akan mustahil karena keduanya tidak ada yang sanggup untuk menanggung beban rumah, dan perempuan tidak mampuan membangkitkan emosi pria atau menarik (mengoda) untuk menikah dan memiliki anak… Demikianlah Allah Swt menciptakan perempuan dengan otak dan jantung khas dan berbeda dengan lelaki untuk menjamin kontinuitas kebahagian hidup antara dua jenis insan.
6. ilmuwan membuktikan bahwa otak wanita kurang efisien dalam mengatasi  masalah dan kekhawatiran, sehinga wanita lebih cenderung berkeluh kesah dan marah ketimbang lelaki, seperti yang ditegaskan oleh Baginda Saw:  “..(karena) kalian kerap kali melaknak, dan tidak mensyukiri (mengingkari) kebaikan suami..”. ketika otak perempuan gagal dalam mengatasi suatu permasalahan kecil yang dia hadapai, maka ia mengeluh, marah, dan menolak kebaikan-kebaikan suaminya “dan tidak mensyukiri (mengingkari) kebaikan suami..”. dan pada lelaki, ilmuwan telah membuktikan bahwa bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah dan kekhawatiran lebih besar dan efisien.
7. mungkin para perempuan akan bertanya bagaimana kita mengatasi kekurangan ini? Solusi dari permasalahan ini telah disampaikan Nabi Saw berupa metode terapi ilmiah dalam sabada baginda:  “Wahai kaum perempuan bersedekahlah dan perbanyak istiqfaar..”. Sedekah dan istiqfar merupakan dua hal yang meliputi nilai material dan abstrak, atau mencangkup pengobatan rohani dan fisik.
Seorang perempuan ketika bersedekah dengan hatranya, sesungguhnya ia telah tengah menyingkir dari kekuranagn tersebut dan merasa bahagia, penelitian telah menunjukkan bahwa dengan bersedekah dapat meningkatkan sekresi hormon serotonin. Maka dari itu Apakah kekurangan ini menunjukkan keterbalakangan perempuan atau sebagi penghormatan dan motivasi untuk merahi kebahagiaan dengan Amalan-amalan sholeh ?
8. Adapaun kurang agama sangat jelas karena perempuan memiliki masa nifas (bersalinan) atau siklus menstruasi di mana memungkinkan mereka tidak sholat dan berpuasa selama masa ini…sementara laki-laki berpuasa di bulan Ramadan dan melaksanakan sholat melebihi kaum perempuan…seperti halnya kekurangan agama, hal tersebut tidak merendahkan perempuan, tetapi justu menunjukkan kelebihan dan keistimewaan perempuan atas kaum lelaki.
Maka dari itu, harus kita renungkan bahwa Baginda Saw ingin memuliakan kaum perempuan sehingga Beliau tidak mengatakan `kurang akal` lalu diam, tetapi Beliau mengkaitkan dengan kekurang agama…seperti halnya perempunan memilikia alasan (halangan) Syar`i untuk tidak sholat selama dalm nifas dan haid…begitu juga dengan kekurangan akal disebabkan jumlah sel-sel otak,  karena Allah Swt telah mengkhusukan mereka dengan amalan-amalan yang sesuai dengan kerja otaknya.

Diterjemahkan oleh:
Amri Hatta, Lc dari situs:
www.kaheel7.com

Refrensi:
Sex Differences In Brains Reflect Disease Risks, http://www.sciencedaily.com/releases/2007/07/070727183141.htm

http://www.sciencedaily.com/releases/2012/09/120905110931.htm

http://www.livestrong.com/article/208145-what-is-the-difference-between-male-female-heart-rates/



http://www.steadyhealth.com/articles/Female_vs__Male_Brain___Is_There_A_Difference__a1460.html

http://on.aol.com/video/male-brain-vs–female-brain-517378746

http://www.brainfitnessforlife.com/9-differences-between-the-male-and-female-brain/

http://www.iol.co.za/lifestyle/people/truth-about-male-and-female-brains-1.1505111#.Uhpbfnc_PIU

Love, sex and the male brain, http://edition.cnn.com/2010/OPINION/03/23/brizendine.male.brain/index.html

http://www.theage.com.au/national/the-male-v-female-brain-is-it-all-in-the-mind-20130202-2dqqx.html

http://www.brainbasedbusiness.com/2007/01/surprising_new_results_about_m.html

http://www.thesciencenews.info/2011/05/female-brain-is-more-active-than-male.html

http://www.pnas.org/content/98/20/11650/F3.expansion.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel