Ketahui Dulu Manfaat Dan Kekurangan Serta Untung Rugi Tabungan Emas Pegadaian

Berikut blog suhendri22 akan memberikan review tentang tabungan emas pegadaian, di benak anda mungkin bertanya – tanya apakah tabungan emas pegadaian rugi atau untung ? . maka akan sangat tepat jika artikel ini diberi judul Manfaat, kekurangan serta untung rugi tabungan emas pegadaian . tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi dari pemilik blog suhendri22, dan kami tidak berafiliasi dengan pegadaian, sehingga apa yang kami ungkapkan adalah murni pengalaman pribadi dengan niat ingin berbagi. Silahkan simak sampai selesai agar mendapatkan informasi yang menyeluruh.

tabungan emas pegadaian, kekurangan tabungan emas pegadaian, tabungan emas pegadaian rugi,  tabungan emas di pegadaian,  tabungan emas pegadaian syariah, untung rugi tabungan emas pegadaian, hukum tabungan emas pegadaian, manfaat tabungan emas pegadaian


Apa itu tabungan emas pegadaian ?

Blog suhendri22 akan memberikan definisi sederhana tentang tabungan emas pegadaian. Simpelnya adalah tabungan dipegadaian dalam saldo tabungan yang sudah dikonfersi kedalam satuan massa emas (gram). Jadi mudahnya kita tetap menyetor tabungan dlm rupiah, tapi saldonya dikonfersi dalam satuan gram emas. Dan harga emasnya bisa dicek online di situs resmi pegadaian silahkan lihat DISINI

Manfaat dan Keuntungan tabungan emas pegadaian

apa sih manfaat tabungan emas di pegadaian ? atau apakah tabungan emas pegadaian menguntungkan atau merugikan ? . kalau masalah untung rugi agaknya kita akan masuk ke ranah spekulasi. Sebentarnya tidak ada keuntungan nominal dari tabungan emas pegadaian.  Namun berikut akan kami paparkan manfaat tabungan emas pegadaian


1.Keamanan nilai harta

Maksudnya jika kita menabung 1 juta tidak akan jadi 1,2 juta. Jadi tidak ada penambahan saldo seperti deposito. Lalu apa keuntungannya ? menurut saya pribadi keuntungannya adalah keamanan dari harta kita. Konsepnya adalah seseorang yang menyimpan emas setara 1 juta maka 5 tahun kemudian hartanya akan tetap 1 juta. Jadi dengan menabung emas seseorang tidak akan bertambah kaya, tapi akan tetap kaya. Berbeda jika seseorang yang menyimpanan harta 1 juta dalam bentuk uang (rupiah), maka 5 tahun kemudian nilai hartanya akan turun, misal  Rp. 1 juta itu sekarang bisa membeli beras 2 kwintal maka 5 tahun kemudan hanya mampu membeli 1 kwintal saja. jadi artinya tabungan emas dipegadaian adalah inversasi jangka panjang.

2.Tabungan emas pegadaian mudah dicairkan

Berbeda dengan emas pakai, maka tabungan emas pegadaian sangat mudah dicairkan. Ini terbukti saat pemilik blog suhendri22 kemarin ingin hajatan, maka dengan mudah tabungan emas ini bisa dicairkan. Perbedaannya dengan emas pakai, kalau emas pakai harus dicairkan semuanya , sedang tabungan emas pegadaian bisa dicairkan seperlunya. Misal hanya dicarikan 1 gram saja dari total 5 gram saldo.


3.Tabungan emas pegadaian tidak mudah dicairkan

Memang agak kontradiktif dengan point dua, tapi point ke tiga ini berbeda acuan. Kalau di point dua yang menjadi acuan adalah emas pakai kalau yang point ke tiga ini yang menjadi acuan adalah tabungan di bank konfensional. Tabungan di bank konfensional yang biasanya memakai ATM akan sangat mudah diakses untuk pengambilannya, sedangkan tabungan emas pegadaian hanya bisa diambil via kantor pegadaian saja dengan menggunakan buku tabungan, jadi akan sangat aman dari pengambilan untuk keperluan hidup sehari – hari, namun jika kita membutuhkan uang dalam waktu cepat misal malam hari tidak akan bisa diambil.


4.Tabungan emas pegadaian setoran bisa Rp.5.000

Jadi tidak ada batas minimal jumlah setoran, bahkan Rp,5.000 pun bisa. Tapi mendingan kalau mau setor lebih dari Rp.100.000, masa iya ngantri di pegadaian hanya ingin setor Rp.5.000. hehe


Kekurangan dan Kerugian  tabungan emas pegadaian

Berikut blog suhendri22 kemukakan beberapa kekurangan dan kerugian dari tabungan emas pegadaian. Mungkin bukan kerugian ya ? karena tidak ada ruginya. Lebih tepat disebut kekurangan.


1.tabungan emas pegadaian tidak bisa transfer

ketika kami lihat di dibrosur – brosur tabungan emas pegadaian ini bisa ditambahkan melalui transfer dari bank atau dari ATM misalnya bank BRI, namun sampai detik ini pemilik blog suhendri22 belum bisa melalukan hal tersebut, beberapa kali kami cobapun masih gagal, walau di pilihan menu ATM BRI sudah terdapat fasilitas transfer tersebut. Entah kalau di cabang pegadaian di kota – kota besar

2.Pencairan tabungan emas pegadaian tidak bisa transfer

Ketika pemilik blog suhendri22 ingin mencairkan tabungan emas pegadaian, ternyata tidak bisa ditransfer, jadi hanya bisa cash. Kebayangkan kalau ingin mencairkan puluhan juta.

 3.Tidak ada slip penyetoran dan pengambilan

Kami biasa stor dan mengambil uang di bank jadi agak aneh jika menyetor dan pengambilan uang tanpa slip hanya menggunakan buku saja. tapi ini tidak menjadi masalah selama tercatat dengan baik.

4.Tabungan tidak bisa diambil kurang dari 1 gram

Jadi kita tidak bisa mengambil misalnya 0,5 gram atau 0,9 gram. Jadi minimal harus 1 gram

5.Tidak bisa cek saldo secara online

Fasilitasnya di web pegadaian sudah ada, namun saya coba berkali – kali tidak pernah berhasil, entah kenapa. Jika ada pembaca blog suhendri22 yang punya pengalaman tentang hal ini silahkan di tulis di kolom komentar.


Demikian Manfaat dan kekurangan serta untung rugi tabungan emas pegadaian, sebenarnya tidak pernah saya rasakan kerugiannya, yang ada adalah manfaat luar biasa yang saya rasakan, terlebih saya hidup di pedesaan y sangat susah mengakses fasilitas-fasilitas keuangan. semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda masih ragu tentang tabungan pegadaian maka hilangkanlah keraguan anda. Ayooo menabung emas di pegadaian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel