Aplikasi Android Paling Berguna Khusus Untuk Guru

Dunia semakin berkembang pembelajaran sekarang tidak hanya sebatas di kelas saja tapi sudah merambah dunia online. Aplikasi Android Paling Bergunan khususnya untuk guru sebenarnya tidak hanya berupa Aplikasi Mengajar Online saja tapi aplikasi-aplikasi yang berguna untuk menunjang kegiatan guru khususnya dalam menyiapkan setumpuk adminstrasi baik itu adminsitasi seperti RPP, silabus, jadwal pelajaran dan lain sebagainya juga aplikasi penilaian. Biasanya hal tersebutlah yang menyita waktu paling banyak. Betul kan ? Kalau anda merasakan hal serupa dengan saya silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Kali ini blog suhendri22 akan membagi Aplikasi Android Paling Berguna Khusus Untuk Guru ke dalam empat bagian yakni Aplikasi Mengajar Online, Aplikasi Peningkatan Kompetensi Guru, Aplikasi Administarasi Guru dan Aplikasi Penilaian. Aplikasi ini wajib untuk guru menginstalnya di android kesayangan anda.

Aplikasi android paling berguna, aplikasi android wajib untuk guru,  Aplikasi Untuk Guru,  Aplikasi Mengajar Online


A. Aplikasi Peningkatan Kompetensi Guru

Akhir – akhir ini guru disibukkan dengan berbagai macam test seperti UTN, UKG, Pretest PPG hal ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi guru ada dua aplikasi yang menurut admin sangat menunjang diantaranya :

1. Aplikasi Test Soal Pedagogik

Disetiap test kompetensi guru pasti mengandung test Pedagogik, jadi ini seperti menjadi prasyarat  apakah anda bisa lulus test secara keseluruhan atau tidak. Aplikasi yang menurut admin sangat baik adalah APLIKASI TEST SOAL PEDAGOGIK dari developer mediailmu22 yang dapat diinstall DI LINK BERIKUT. Karena materi pedagogik bersifat umum maka Aplikasi ini bisa digunakan untuk anda yang mengajar di SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. 

2.Aplikasi Soal Kompetensi Guru SD

Khusus untuk guru SD ada satu lagi aplikasi yang sangat baik yakni Aplikasi Test Guru SD. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak hanya soal pedagogi saja tapi soal-soal profesional khusus Guru SD. Jika anda guru SD maka alangkah baiknya anda mendownload aplikasi tersebut di LINK BERIKUT.

B. Aplikasi Mengajar Online

1. Aplikasi Ruang Guru

Ruang Guru Founder nya adalah anak muda di bidang IT yang telah sukses merubah minset siswa dalam belajar, kedepan mungkin aplikasi Android ini akan melibas habis bimbel atau bimbingan belajar konfensional yang harganya memang lumayan. Lalu apa gunanya aplikasi ini untuk guru ?.. aplikasi ini berguna bagi guru dalam memperdalam penguasaan materi pembelajaran. Bukankah pembelajaran itu sepanjang hayat ? dan sebagai manusia biasa guru juga harus tetap belajar dan memperdalam materi yang sudah dia kuasai. Salah satu caranya adalah mendaftar di aplikasi ruang guru. INSTALL DISINI

2. Edmodo

Edmodo merupakan perusahan tekhnologi informasi yang berkecumpung di dunia pendidikan dan pembinaan guru serta sekolah K12. Kelebihan Edmodo sendiri sudah terdiri dari konten yang lengkap, quiz atau soal-soal yang sangat lengkap,  serta sudah mampu menjaring hubungan antara guru, murid dan ortu murid.

Edmodo terdiri dari fitur-fitur diantaranya polling, Gradebook, File and Link, Quiz, Perpustakaan, Award, Kode Orang Tua. KLIK DISINI UNTUK INSTALL

C. Aplikasi Penilaian

Aplikasi penilaian ini tidak hanya sebagai aplikasi pengolah nilai saja, tapi lebih berguna dan canggih lebih dari itu yakni bisa memeriksa ulangan, salah satu aplikasinya yang paling bagus menurut admin adalah zipgrade

1. Zipgrade 

Aplikasi zipgrade ini memiliki kelebihan diantranya yakni bisa memeriksa Lembar Kerja Komputer (LJK), jadi tidak harus menggunakan scanner khusus untuk memeriksa nilai ulangan harian, US, UTS, UAS atau UKK hanya dengan menggunakan android anda saja sudah cukup. Zipgrade ini dikhususkan  untuk memeriksa soal berbentuk pilihan ganda. Dari 25 soal, 50 soal sampai 100 soal. LJK nya sendiri bisa dimodifikasi sesuai dengan identitas sekolah kita, dan bisa bekerja tanpa menggunakan akses internet atau offline. Hasil dari penilaian bisa dieksfor ke pdf atau csv jadi akan sangat membantu anda dalam melaporkan hasil ujian. Bisa digunakan untuk 4 pilihan jawaban seperti di SD/SMP atau dengan 5 pilihan jawaban seperti di SMA/SMK.

Namun sayang aplikasi yang sangat berguna ini berbayar. Ya bagaimanapun uang yang anda bayarkan akan tergantikan dengan berbagai kemudahan dan vitur yang ada. Namun tenang ada versi trialnya kok. Cara menggunakan zipgrade bisa anda lihat di LINK berikut.


Sama seperti zipgrade, Omr Evaluator ini berfungsi untuk proses scan LJK. Keunggulannya tentu tidak memerlukan scanner LJK dengan harga yang selangit anda Cuma membutuhkan android saja. Dibandingankan dengan zipgrade Omr Evaluator ini tidak berbayar alias gratis selamanya namun tingkat akurasinya ada dibawah zipgrade ya. Tentunya sebanding ya ?. namun masih bisa digunakan untuk 4 pilihan jawaban seperti di SD/SMP atau dengan 5 pilihan jawaban seperti di SMA/SMK. Selain itu bisa menampung 240 pertanyaan.

Laporan dari hasil penilaian juga bisa diekspor ke format excel sehingga akan dengan mudah untuk mendukung laporan hasil penilaian baik di kurikulum KTSP maupun K13. KLIK DISINI UNTUK INSTALL APLIKASINYA

D. Aplikasi Administrasi

1. Print Share

Print share adalah salah satu aplikasi android yang akan berguna untuk guru, apa gunanya ? gunanya adalah ketika anda akan melalukan pencetakan dokumen seperti RPP, silabus, prota, promes dan lain-lain. Kelebihannya adalah anda tidak memerlukan laptop atau PC untuk print dokumen, anda hanya membutuhkan android saja. akan sangat membantu jika anda tidak membawa laptop dan terpaksa harus melakukan pencetakan dokumen. Kelebihan yang sangat luar biasanya menurut admin blog suhendri22 adalah bisa digunakan di semua jenis printer, baik yang standar dengan hanya kabel USB saja sebagai cara konektifitas dengan device anda maupun pinter yang canggih sudah dilengkapi bluetooth maupun wifi untuk konektifitas.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah jika anda menggunakan printer standar seperti canon Ip2700  maka hp android anda harus bisa terkoneksi via USB OTG dan tentunya harus memiliki kabel USB. Kekurangan berikutnya adalah lagi-lagi aplikasi ini tidak gratis alias berbayar, namun anda cukup mengeluarkan biaya yang sangat terjankau untuk menikmati aplikasi ini. Di laman resminya anda cukup membayar Rp.17.000 saja untuk versi pro. Banyak aplikasi serupa namun menurut admin suhendri22 printshare adalah aplikasi yang paling direkomendasikan. KLIK DISINI UNTUK INSTALL APLIKASINYA

Demikian Aplikasi Android Paling Berguna Khusus Untuk Guru yang terdiri dari Aplikasi Administrasi, Aplikasi Penilaian, Aplikasi Mengajar Online dan Aplikasi Peningkatan kompetensi guru. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel