Cara Membuat Kembang Goyang Asin Renyah Dan Gurih

Kue kembang goyang atau orang saroja, adalah sebuah kue yang selalu hadir di rumah saya ketika sedang lebaran iduel fitri ataupun iduel adha. Kita ketahui bahwa saroja ini adalah merupakan kue atau cemilan asli dari daerah ciamis selain galendo. Admin dari website suhendri22 ini ketika sedang puasa biasa dari sejak sma membantu ibu menggoreng kue goyang atau yang sering disebut dengan saroja.

kue kembang goyang renyah dan gurih,  cara membuat kembang goyang renyah dan manis,  resep kembang goyang tepung terigu renyah,  cara membuat kembang goyang agar tidak lengket di cetakan,  resep kue kembang goyang asin


Berbeda dengan di daerah jakarta atau betawi kue kembang goyang atau seroja biasanya dibuat dengan cita rasa yang berbeda yaitu bukan manis asin namun pada prinsipnya proses pembuatannya adalah sama yang berbeda adalah pada penggunaan gula dan garam sebagai pemanis dan yang membuat cita rasa asin tersebut.

Ada beberapa kendala biasanya pada proses pembuatan kue kembang goyang ataupun seroja ya ini kembanggoyang menjadi lengket, silakan dibaca secara lengkap artikel ini anda nanti juga akan mengetahui cara membuat kembang goyang agar tidak lengket di cetakan.

Bahan kembang goyang renyah

  • Tepung tapioka 400 gram
  • Tepung terigu 300 gram
  • Santan asli 300 ml yang kental
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng 500 gram
  • 7 butir telur ayam negeri
  • Daun jeruk nipis yang sudah diiris tipis-tipis sebagai penyedap


Cara membuat kembang goyang

  1. Telur ayam dikocok bersama dengan gula dan garam sampai tercampur rata
  2. Masukkanlah tepung terigu serta tepung tapioka ke dalam adonan tadi, aduk lagi sampai merata
  3. Masukkanlah irisan daun jeruk nipis ke dalam adonan tadi
  4. Panaskan minyak di dalam penggorengan sampai benar-benar panas
  5. Setelah minyak panas kecilkan api sampai terlihat api kecil
  6. Masukkan cetakan kembang goyang ke dalam adonan tapi jangan sampai seluruh cetakannya tertutup oleh adonan, angkat cetakan secepat mungkin dan masukkan ke dalam minyak panas lalu goyang-goyang kan sampai dengan adonan tadi terlepas sendirinya dari cetakan
  7. Lakukanlah hal tersebut sampai adonan semuanya habis dan matang
  8. Angkat dan tiriskan siap disajikan


Cara membuat kembang goyang agar tidak lengket di cetakan


Tips dan trik agar membuat kembang goyang tidak lengket di cetakan salah satunya adalah dengan memilih cetakan yang baik cetakan yang baik itu adalah cetakan yang pernah digunakan dan dicoba dan hasilnya kembang goyang tidak pernah lengket pada cetakan. Selain itu tips dan triknya adalah dengan menggunakan minyak panas saat menggoreng jadi jangan menggunakan minyak yang tidak panas, lain hal lagi yaitu jangan mencelupkan cetakan ke dalam adonan secara full namun dipisahkan seperempat. Karena hal tersebut akan mengakibatkan adonan menempel di cetak.

Demikian cara membuat kue kembang goyang ala blog suhendri 22 yang asli dari ciamis, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel