Contoh Pidato Pembina Upacara SD Pada Hari Senin

Berikut adalah contoh pidato pembina upacara tingkat SD pada hari Senin yang bisa anda gunakan untuk amanat yang akan anda sampaikan saat menjadi pembina upacara. Jenis pidato ini merupakan pidato persuasif atau pidato dengan tujuan mengajak khalayak ramai untuk melakukan sesuatu. Jadi kalau anda juga sedang mencari contoh pidato persuasif ini merupakan contoh yang baik untuk anda gunakan.

Guru baik di tingkat SD SMP maupun SMA selain memiliki tugas utama untuk mengajar juga memiliki tugas lain Biasanya pada hari Senin ditugaskan untuk menjadi pembina upacara. Dan yang menjadi halangan biasanya dari guru-guru yaitu dalam rangka menyiapkan contoh pidato pembina upacara.

contoh pidato pembina upacara,  pidato pembina upacara sd,  pidato pembina upacara hari senin


Contoh pidato pada upacara hari Senin ini mudah untuk dihafal dan sangat singkat namun isinya sangat padat, selain contoh pidato ini Suhendri dua-dua juga menyiapkan Tata Upacara Bendera hari senin yang sesuai dengan aturan pada buku aturan Tata Upacara Bendera yang bisa dilihat pada link berikut.

Contoh Pidato Pembina Upacara SD Pada Hari Senin


Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil Ambiya Iwal mursalin wa'ala alihi wa shohbihi ajma'in Amma ba'du. Robbisrohli sodri wayassirli Amri wahlul uqdatam millisani yafqohu qouli ya fattahu ya alim ya Fattah ya alim ya Fattah ya alim.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, rekan-rekan guru yang saya hormati dan anak-anakku yang Bapak banggakan. Alhamdulillah pada hari yang sangat cerah ini kita bisa berkumpul lagi dalam mengikuti kegiatan upacara bendera pada hari Senin.

Pertama-tama Mari kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala bahwasannya kita telah diberikan kesempatan diberikan kesehatan sehingga bisa kita mengikuti kegiatan upacara pada hari Senin ini. Shalawat dan salam semoga terlimpah curah kepada junjungan besar kita Habibana wanabiyana Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, kepada keluarganya kepada para sahabatnya dan kepada tabiin tabiatnya dan kepada kita selaku umatnya di akhir zaman yang Semoga mendapatkan syafaat dari beliau.

Sebelum menyampaikan amanat Bapa akan memberikan evaluasi tentang penyelenggaraan upacara bendera hari ini yang alhamdulillah sangat lancar . Bapak berikan apresiasi kepada kelas 6 yang sudah menjadi petugas upacara bendera dan Hasilnya sangat memuaskan tidak ada kekurangan yang patal pada penyelenggaraan upacara bendera kali ini dan alhamdulillah seluruh peserta upacara bisa berhikmat dan tertib.

Pada kesempatan kali ini bapak akan menyampaikan sebuah amanat yang bertemakan tentang tanggung jawab. Tanggung jawab itu berarti mampu menerima resiko dari apa yang sudah kita pilih. Ada tiga jenis tanggung jawab yang harus kalian tegakkan sedari kecil dan harus dibiasakan diantaranya yang pertama adalah tanggung jawab sebagai siswa, yang kedua adalah tanggung jawab sebagai sebagai anak dan yang ketiga adalah tanggung jawab sebagai hamba dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Tanggung jawab sebagai siswa Yakni kalian sebagai siswa naik kelas 1,2,3,4,6 atau kelas 6 jam memiliki tanggung jawab yang sama yaitu belajar. Belajar merupakan tanggung jawab kalian selaku peserta didik belajar tidak hanya di di sekolah saja tetapi harus dilakukan juga di rumah agar apa yang diperoleh disekolah bisa dimaksimalkan lagi dan bisa mendapatkan nilai yang yang baik. Belajar tidak hanya saja ketika akan ujian tetapi juga sehari-hari harus kita biasakan. Karena manusia itu adalah Insan pembelajar, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda bahwa Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat. itu berarti kita harus menuntut ilmu dan belajar tanpa dibatasi oleh usia terlebih kamu yang masih anak-anak.


Tanggung jawab yang kedua yaitu tanggung jawab sebagai anak. Tanggungjawab ini bisa diartikan Kita sebagai anak yang pertama harus menghormati kedua orang tua kita yang sudah membesarkan dan mendidik kita, selain itu kita harus juga Menghormati guru guru kita baik yang ada di sekolah ataupun di tempat lain seperti guru mengaji. Janganlah kita membentak ataupun menolak ketika kita disuruh oleh orang tua atau guru kita.

Kita harus membuat bangga orang tua dan guru-guru kita agar mereka bisa mendoakan kita menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat.

Tanggung jawab yang ketiga yaitu tanggung jawab sebagai hamba tuhan yang maha esa. Allah telah menjadikan manusia sebagai khalifah atau pemimpin di muka bumi ini maka salah satu tanggung jawabnya adalah beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dalam hal ini kita harus memupuk nilai-nilai ketakwaan. ketakwaan sendiri adalah menjalankan seluruh perintahnya dan menjauhi seluruh larangannya.

Demikian amanat dari bapak untuk upacara kali ini mudah-mudahan kalian bisa mengambil hikmah dari apa yang sudah di ungkapkan. Mohon maaf apabila ada kekurangan terima kasih wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Demikian contoh pidato untuk sambutan pada upacara hari Senin untuk jenjang SD semoga contoh pidato ini bisa bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel