Mulai Dari Diri Modul 1.4. Budaya Positif CGP Guru Penggerak

CGP Guru Penggerak. Berikut saya Andri Suhedri  CGP Angkatan 9 akan share tentang pengerjaan Mulai Dari Diri Modul 1.4. Budaya Positif CGP. Silahkan bisa dijadikan referensi tanpa plagiasi.

CGP Guru Penggerak. Berikut saya Andri Suhedri  CGP Angkatan 9 akan share tentang pengerjaan Mulai Dari Diri Modul 1.3. Budaya Positif CGP. Silahkan bisa dijadikan referensi tanpa plagiasi.


Belajar adalah kunci dari mengajar, belajar adalah modal dari mengajar.
Budaya positif dapat membentuk karakter murid, guru dan visi misi sekolah, nantinya akan menggerakkan seluruh elemen sekolah untuk memajuan pendidikan di Indonesia.


Pendidik diibaratkan sebagai petani yang memiliki pera penting dalam menjadikan tanaman menjadi subur, sekolah diibaratkan sebagai tanah tempat berccok tanam. tanggung jawab seorang guru adalah bagaimana menciptakan suatu lingkungan positif yang terdiri dari warga sekolah yang saling mendukung, saling belajar, saling bekerja sama sehingga tercipta kebiasaan-kebiasaan baik; dari kebiasaan-kebiasaan baik akan tumbuh menjadi karakter-karakter baik warga sekolah, dan pada akhirnya karakter-karakter dari kebiasaan-kebiasaan baik akan membentuk sebuah budaya positif.

Budaya positif adalah suatu proses perjalanan pendidikan yang harus kita jalani, karena ini merupakan tanggung jawab kita sebagai seorang pendidik, sebagai seorang pemimpin pembelajaran

Apa pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan Anda?

Suasana positif di lingkungan sekolah penting diciptkan karena dengan terbentuknya suasana yang posifit di sekolah maka akan tercipta karakter yang baik, sehingga akan menciptkan budaya yang positif di sekolah. Setelah semuanya sudah terbentuk maka seluruh aktivitas sekolah akan lebih efektif dan efisien dan akan lebih menumbuhkan hasil-hasil yang positif dibandingkan dengan mempermasalahkan hal-hal di sekolah yang pada akhirnya bukan fokus terhadap kualitas pengajaran dan pendidikan.

Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, bagaimana Anda dapat menciptakan suasana positif di lingkungan Anda selama ini?

Suasana positif itu sebenarnya diawali dari pembiasaan-pembiasaan positif, jadi jika ingin menciptakan suasana positif maka yang terlebih dahulu dilakukan adalah melakukan pembiasaan-pembiasaan yang positif, dari pembiasaan maka akan membentuk karakter dan dari karakter maka akan tertanam budaya-budaya yang positif di sekolah.

Apakah hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?

Untuk mewujudkan pembelajaran yang berpikah kepada murid maka suasana pembelajaran yang baik harus terbentuk. Suasana positif di sekolah akan sangat berpengaruh terhadap psikologi guru maupun murid, suasana positif akan membentuk suasana yang nyaman dan aman, lingkungan yang nyaman dan aman ini akan mendukung pembelajaran yang berpiha kepada murid. 


Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu diperbaiki dan dikembangkan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel