Warung Online

25 April, 2011

GPS Sudah Ada Sejak Tahun 1920

Apa itu GPS ???? GPS adalah Global Positioning System (GPS) adalah satu-satunya sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS anatara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.

Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan, ini adalah salah, NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS). Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun, termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.

GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital

Sumber: Om Wikipedia

Sekarang mungkin Penggunaan GPS telah menjadi trend di mana-mana, sehingga sulit membayangkan dunia tanpa satelit navigasi kecil ini digenggaman. tapi apakah anda tau kalau ternyata GPS itu sudah ada pada Sekitar pergantian abad kedua puluh, ketika itu peta jalan masih dalam tahap awal, dan jalan serta jalur baru berkembang dengan begitu pesatnya.

Produk ini berasal dari tahun 1920-an adalah sebuah navigator yang diberi nama The Roll-map Routefinder. alat navigasi ini dibuat dengan petunjuk kecil dan Anda harus memutar roda penggulung peta secara manual untuk melihat jalan yang akan kita lalui saat berkendara.

GPS ini adalah peninggalan dari masa lalu yang merupakan produk Inggris yang harganya sekitar £ 5 pada waktu itu, atau sekitar 50 pound ($ 75) hari ini (setelah disesuaikan dengan inflasi). ada 2 macam GPS yang dibuat waktu itu yakni Plus Four Wristlet Route Indicator dan Roll Up Map Device tapi pada intinya fungsi dan cara penggunaan sama.


Plus Four Wristlet Route Indicator (dibuat Tahun 1927)





Roll Up Map Device (Dibuat Tahun 1932)



Dan ternyata Roll Up Map Device digunakan dalam beberapa situasi. Mereka biasanya digunakan untuk balap motor reli. pengendara motor masih menggunakan apa yang biasa disebut "grafik roll" atau "roadbooks" untuk navigasi, dan sering menggunakannya selain GPS. Berikut adalah sistem modern yang digunakan untuk Rally Dakar. Tombol pada pegangan bergerak grafik roll bolak-balik, sementara backlighting LED memungkinkan navigasi malam hari.

Sekarang



Thanks Buat Agan adhitalva Atas Threadnya yang menarik ini http://kask.us/5112892
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© www.suhendri22.blogspot.com
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top