Cara Cepat Menghafal Enzim Pada Sistem Pencernaan Manusia

Dapat tulisan bagus tentang cara menghafal enzim di sistem pencernaan, berikut tulisannya (dapet dari http://mrwahid.wordpress.com/2012/10/05/tips-menghafal-enzim/ )
Teknik yang akan kita pakai adalah teknik mengubah wujud asal, yaitu menggantikan kata abstrak atau asing ke dalam bahasa yang kita kenal. Aturannya, dalam mengubahnya bisa dengan memperhatikan kemiripan bunyi, berhubungan dengan kata asing tersebut dan dikenal oleh otak, dan bisa juga menjadikan kata asing tersebut sebuah singkatan.
Setelah kata-kata asing tersebut bisa kita bayangkan, selanjutnya kita menggunakan teknik story, atau merangkai cerita lucu, aneh, dan tidak masuk akal. Karena justru inilah yang akan terus menempel dalam ingatan kita, dan masuk ke otak bawah sadar.
Oke langsung aj ya, Mr. Wahid akan memaparkan apa saja sih jenis-jenis enzim yang sering keluar dalam Ujian Nasional beserta tips menghafalnya. Ini dia … :
Nama EnzimAsalfungsiKata PenggantiKisah
Ptialinmulut/air liurmengubah amilum (zat tepung) menjadi glukosaPeti dan lilinBayangkan di mulutmu ada peti dan lilin di dalamnya ada tepung tiba-tiba menjadi gula rasa manis.
AmilaseMulut dan
Kelenjar pankreas
memecah amilum menjadi maltosaPak AmilPak amil setiap hari mecahin minuman tanpa rasa berdosa
MaltaseUsus 12 jarimengubah maltosa menjadi molekul glukosaVoltaseVoltase yang jaraknya 12 jari itu ada di Mal Sentosa, jadi bakul orang gila yang tak berdosa
PepsinLambungMengubah protein menjadi peptonPepsiMinum pepsi bikin kembung karena ada protein yang kuat seperti beton
Asam KloridaLambungMembunuh kuman penyakin dan mengaktifkan pepsinSam dan IdaSam dan si Ida jago dalam membunuh kuman karena rajin minum sampe kembung
ReninLambungMengendapkan protein susu menjadi kaseinJaninDalam Janin ada bayi yang suka susu sampe kaya mesein.
tripsinPankreasMengubah protein menjadi asam aminotri asinmakan tri asin bikin tubuh kaya protein dan tubuh si amin jadi asem
LipasePankreasMengubah lemak menjadi asam lemakLipas (kecoa)Banyak lipas bikin lemak di tubuh mak jadi asem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel