8 Langkah Cara Membuat Blog Gratis Dan Menghasilkan Uang (Terbaru 2019)

Setelah blog suhendri22 menjelaskan secara umum tentang bagaimana "Cara Mendapatkan Uang Dari Google Bagi Pemula" yang artikelnya bisa anda baca secara lengkap dengan KLIK DISINI. Sekarang kami akan bahas bagaimana cara membuat blogger, atau membuat blog karena blogger sejatinya adalah pemilik dari blog itu sendiri.

blogger, seo, blog pemula, wordpress, blog gratis, google adsense, cara membuat blog

Gambar : Contoh Penghasilan Google Adsense Dalam Rupiah (IDR)

Definisi Blogger
Blogger bisa didefinisikan secara sederhana sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia blog atau memiliki web berbasis blog. 

Cara Membuat Akun Blog

Anda bisa membuat blog dengan terlebih dahulu memiliki akun, biasanya akun dibuat menggunakan email, dan yang sering dipakai oleh bloogger adalah gmail. Ada dua flatform blog yang biasa digunakan oleh para bloger untuk mencari uang yakni blogspot.com yang notabene dimiliki oleh google dan wordpress.com. Untuk anda yang ingin menjadi blogger pemula saya sarankan mencoba blogspot.com terlebih dahulu, namun jika anda ingin menggunakan wordpress juga disilahkan. Blogspot.com dinilai lebih baik karena dibawah naungan google secara langsung, jadi ada yang mengatakan ketika platform kita adalah blogspot.com akan lebih cepat diterima jika didaftarkan ke adsense google (namun bisa jadi ini hanyalah mitos). Blogspot menurut saya juga memiliki kelebihan yakni memiliki antar muka yang lebih friendly khususnya untuk pemula dan lebih mudah dioperasikan.

Namun bisa saja ini penilaian objektif dari saya yang pertama kali belajar blog dari blogspot.com sehingga agak canggung kalau harus menggunakan wordpress. Beberapa blogger terkemuka seperti mastimon (Blognya lihat disini) juga menggunakan blogspot sebagai platform dasarnya.

8 Langkah Cara Membuat Blog Gratis Dan Menghasilkan Uang 

Beberapa langkah yang harus anda tempuh diantaranya adalah :

1. membuat akun blog di salah satu platform boleh wordpress atau blogspot. boleh juga keduanya

2. memilih tema sesuai dengan hobi anda. 

Jika anda hobi memasak silahkan buat tema atau niche misalnya resep masakan , jika anda guru maka bisa membuat niche pendidikan. Jangan terbawa oleh orang lain, orang lain bisa sukses di blog dengan niche otomotif, asuransi atau lainnya tapi kita belum tentu seperti mereka. Prinsinya Jadilah diri anda sendiri.

Anda bisa membuat blog dengan multi niche, atau sering disebut sebagai blog gado-gado, seperti blog suhendri22 ini, kelebihan dari blog gado-gado anda tidak pernah akan kebabisan tema tulisan, sedangkan kekurangannya blog anda menjadi tidak jelas. viewer jenderung berkunjung ke blog seseuai dengan hobi mereka, jadi kalau temanya sama maka ada kecenderungan untuk membaca artikel lain di blog kita.

3. Memilih themplates blog.

Themplates blog sangat berguna guna kenyaman pengunjung membaca blog kita, gunakan themplates yang responsif dan mobile friendly. jangan yang acakadut atau asal-asalan, untuk mengedit thempaltes blog ini anda membutuhkan pemahaman tentang bahasa pemograman HTML walaupun hanya dasar namun ini sangat penting, terkecuali anda memiliki teman yang mau membantu anda mengedit tema sesuai dengan yang diinginkan. Prinsip penting lainnya adalah pilih tema yang tidak berat, tidak banyak widget, SEO friendly kalau bisa yang themplates AMP.

4. Posting Artikel Secara Berkala Dan Berkesinambungan

Rumus utamanya Konten Adalah Raja, tanpa konten blog anda akan menjadi blog zombi atau blog yang berjalan tapi tidak hidup seperti mayat hidup sebagus apapun themplates anda kalau anda jarang update artikel maka blog anda akan hilang ditelan bumi.

Artikel yang baik menurut para master blog salah satu kriterianya adalah yang memiliki 1000 kata. Untuk pemula seperti kita 300 kata saja sudah lumayan, sambil kita mengasah kemampuan kita dalam menulis, maka seiring waktu juga akan kian tambah mahir.

5. Pelajari SEO

Pelajari hal-hal terkait research keyword, penempatan keyword pada artikel dan lain sebagainya. ada banyak sekali mastah-mastah yang rela berbagi ilmunya tentang SEO di google secara gratis, atau di grup-grup blogger indonesia, anda tinggal memungutnya saja dengan jeli tanpa harus membeli.

6. Pelajari marketing blog

Pelajari juga bagaimana cara branding dan marketing blog baik melalui media sosial, backlink dan sebagainya, suatu saat akan kami bahas tentang hal ini

7. Pelajari alexa, hitstat dan google analisis

Sebagai bahan analisis data sejauh mana reputasi blog anda anda bisa menggunakan jasa alexa, google analisis dan hitstat baik yang gratis maupun yang berbayar, suatu saat akan kami bahas tentang hal ini

8. Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense

Ini adalah yang paling terpenting, daftar google adsense, tanpa daftar google adsense sangat mustahil anda bisa menghasilkan uang dari blog, untuk tutorial bagaimana cara mendaftarkan blog di google adsense akan dibahas pada artikel lain di blog suhendri22.

Cara Membuat Blog Lewat Hp

Membuat blog lewat hp bisa saja, namun saya lebih menyarankan anda untuk membuat blog lewat pc atau laptop, handphone memiliki kemampuan yang sangat terbatas dibanding dengan laptop,
mulai dari ukurannya yang layar sangat kecil maka kita akan dibuat kesulitan untuk mengetik terlebih untuk mengetik artikel yang sangat panjang. apalagi kalau ingin mengedit HTML, bisa jadi anda akan kewalahan karena salah memasukkan script .Hp saya rekomendasikan hanya untuk melihat statistik blog saja atau untuk mengedit sedikit-sedikit konten blog


Syarat Menjadi Blogger Sukses

Apa sih syarat utamanya ? silahkan simak dan ingat-ingat ya ?

1. Rajin menulis artikel di blog

Ingat bahwa dalam dunia blogger Konten Adalah Raja, tanpa update tulisan blog anda hanyalah blog zombie yang tidak haus darah lalu mati

2. Pantang Menyerah

Jangan ketika viewer menurun, atau earning adsense terjun bebas, atau anda kena banned langsung frustasi, bersabar saja, rejeki sudah digariskan.

3. Mau Belajar

Learning by doing dan pembelajaran sepanjang hayat adalah prinsip utamanya. anda akan mati jika tidak mau belajar, mati secara harfiah, mati dari berkreasi dari berkarya. Tidak ada mastah yang tidak pernah jadi newbie

4. Tidak Ingin Instan

Jangan seperti makan mie, maunya instan namun akhirnya kembung. harus bertahap, step by step, jangan berangan-angan yang berlebihan

5. Tidak Mencari Uang Semata

Cape Kalau anda hanya mencari uang, uang itu akibat bukan sebab, anda kerja keras uang akan datang. actions saja lupakan uang, iya akan datang menghampiri keringat anda

6. Rajin Sedekah

Semua ilmu SEO blog, semua tutorial menjadi blogger sukses yang banyak uang tidak akan belaku tanpa yang satu ini

7. Bodoh 

Tidak Banyak Berteori, tapi lebih banyak AKSI NYATA

8. Jujur

Jangan ikuti cara-cara yang menghancurkan misalnya dengan teknik-teknik nuyul, klik sendiri, pake VPN dan teknik-teknik lainnya yang menghasilkan uang di blog secara cepat namun belum PO (cair) sudah kena banned. Carilah rejeki halal, biar banyak asal barakah.

Kesimpulan dari tulisan 8 Cara Membuat Blog Gratis Dan Menghasilkan Uang adalah anda harus benar-benar yakin anda akan menjadi blogger, jangan setengah-setengah, jangan hanya mengikuti trend bahkan jangan juga karena semata ingin mendapatkan uang, ikuti saja prosesnya, kata guru saya proses tidak pernah akan menghianati hasil, semoga sedikit pengalaman saya di dunia blog ini bisa menjadi motivasi anda untuk terus berkarya.

Jika anda ingin menanyakan sesuatu tentang blog silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ini, atau kalau anda punya pengalaman dalam dunia blog juga sama silahkan tuliskan saja, kita berbagi, ilmu itu akan berkembang jika diamalkan, jika diberikan ke orang lain. wallahualam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel