Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 Nilai Dan Peran Guru Penggerak CGP

CGP. Berikut adalah rangkuman jawaban tugas Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 Nilai Dan Peran Guru Penggerak tentang bagaimana cara berfikir manusia.

Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 Nilai Dan Peran Guru Penggerak


Sistem Berpikir Manusia


Yang dapat kita pelajari
1. Berpikir Cepat (otak reftil dan mamalia)
membutuhkan sedikit energi, bagaikan berjalan turun dengan pada eksaltor turun

3. Berpikir Lambat (otak luhur manusia)
bagai berjalan naik pada eskalator turun
lebih kompleks dan membutuhkan banyak energi

Mengapa perlu mempelajarinya
Karena dalam kegiatan pembelajaran yang paling banyak difungsikan adalah kerja otak, bagaimana siswa menerima informasi, mengolahnya dan meyimpan informasi itu dalam kurun waktu yang lama.


Kita bisa lebih peka terhadap kedua kerja sistem ini yakni dengan melakukan percobaan sederhana terhadap kinerja otak tersebut

Bahwa manusia harus dapat mengendalikan bagian otak reftil dan mamalia mereka , walaupun bagian otak tersebut bersifat tak sadar. Dan harus lebih menggunakan fungsi otak berfikir (otak luhur-otak primata) dalam keseharian  utamanya dalam kegiatan pembelajaran karena belajar memerlukan kemampuan untuk berfikir logis, rasional dan terstruktur guna menyelesaikan suatu permasalahan


5 Dasar Kebutuhan Dasar Manusia


1. Kebutuhan bertahan hidup
2. Kasih sayang dan rasa diterima
3. Kekuasaan dan pengusaan
4. Kebebasan
5. Kesenangan

Ki Hajar Dewantara telah memberikan konsep tentang pendidikan dan merdeka. Dikaitkan dengan konsep William Glasser yang mengungkapkan tentang teori pilihan maka kita perlu berlatih dalam fokus terhadap yang terjadi sekarang bukan msa lalu, menghindari kebiasaan buruk yang mengganggu relasi,  peduli terhadap orang lain, menghindari berbuat dalih dan alasan, serta bersabar

Bahwa yang bisa kita kendalikan adalah diri kita sendiri bukan orang lain, dengan orang lain kita hanya bisa menjalin relasi dan relasi itu perlu dipertahankan karena relasi bersifat bertahan lama.

Beberapa nilai yang harus dimiliki oleh guru penggerak adalah berpihak kepada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif dan inovatif. Sehingga guru penggerak harus memahami perubahan, memilii moral yang kuat, rasional dan memiliki mental untuk mewujudkan perubahan tersebut

1. Nilai-nilai guru penggerak yang dikuatkan oleh saya setelah memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik adalah perpihak kepada murud dan reflekstif.
2.Tindakan yang dapat saya lakukan adalah dengan cara mengetahui kodrat dari masing-masing peserta didik, menganalisis lingkungan mereka, menganalisis daya dukung yang ada baik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya

Pentingnya guru penggerak adalah bahwa mereka dapat berperan sebagai pemimpin pendidikan yang membantu siswa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai yang positif dalam berbagai konteks lingkungan mereka. Melalui interaksi, pendidikan, dan contoh yang baik, guru penggerak dapat membantu membentuk individu yang memiliki nilai-nilai yang kuat dan berkontribusi positif kepada masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel