Format RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih untuk mencapai Kompetensi Dasar tertentu dalam silabus. Sedangkan yang menjadi landasan pengembangan RPP adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Dapatkan RPP SD Rev 2017 KLIK DISINI
Dapatkan RPP SMP Rev 2017 KLIK DISINI
Setiap pendidik wajib menyusun RPP secara mandiri atau dilakukan dengan guru lain di MGMP, adapun prinsip penyusunan RPP adalah :
a.Perbedaan individual peserta didik
b.Partisipasi aktif peserta didik.
c.Berpusat pada peserta didik
d.Pengembangan budaya membaca dan menulis  (Literasi)
e.Pemberian umpan balik dan tindak lanjut
f.Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g.Penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Adapun Komponen RPP sekurangnya terdiri dari :

a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu
f. tujuan pembelajaran
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran.
i. metode pembelajaran
j. media pembelajaran
k. sumber belajar
l. langkah-langkah pembelajaran (pendahuluan, inti, dan penutup)
m. penilaian hasil pembelajaran.

Adapun Format RPP kurikulum 2013 Revisi 2017  nya adalah sebagai berikut :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP...)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/ Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran reguler
2. Materi pembelajaran pengayaan
3. Materi pembelajaranp remedial
E. Metode Pembelajaran
F. Media dan Bahan
G. Sumber Belajar
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup

2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup
   
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan

2.Pembelajaran remedial
3. Pembelajaran pengayaan


Jakarta, ......, .......................
Mengetahui
Kepala SMP


_____________________________
NIP. ...

Demikian Format RPP Kurikulum 2017 Revisi 2017. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel