Media Pembelajaran

Salah satu hal yang mendukung pembelajaran adalah media pembelajaran. Media Pembelajaran adalah Segala sesuatu baik berupa alat fisik yang digunakan sebagai penyampai pesan pembelajaran. Perbedaaan media pembelajaran dengan alat peraga adalah alat peraga merupakan bagian atau jenis dari media pembelajaran dimana alat peraga mempunayai ciri tidak hanya digunakan oleh guru saja tapi bisa dioperasikan dan dikontrol oleh siswa dan berfungsi untuk memperagakan suatu konsep materi ke siswa.
Media pembelajaran dibedakan menjadi media cetak dan media noncetak, atau dibedakan menjadi media audio dan media audio. Media biasanya berupa teks, audio, visual, media bergerak, obyek/media yang dapat dimanipulasi (media manipulatif), dan manusia.
Sedangkan menurut fungsinya media dibedakan menjadi media pembawa informasi dan media penanaman konsep.
Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi atau pesan dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi atau pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.
Fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat untuk memotivasi, menyajikan informasi dan memberikan intruksi. Adapun manfaat media adalah
1.Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2.Media pembelajaran dapat mengarahkan dan meningkatkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
3.Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu
4.Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka.

Media pembelajaran bisa dimanfaatkan saat :
a.    Bahan ajar yang dijelaskan guru kurang dipahami siswa
b.    Terbatasnya, sumber pembelajaran.
c.    Guru kurang bergairah
d.   Perhatian siswa terhadap pembelajaran berkurang
              Beberapa hal yang harus dipertimbangankan guru saat akan memilih media pembelajaran adalah :
a.    Variabel tugas, yakni disesuaikan dengan hasil yang dikehendaki setelah proses pembelajaran
b.    Variabel siswa, yakni harus disesuaikan dengan karakteristik siswa.
c.    Lingkungan belajar, yakni media harus disesuaikan dengan lingkungan yang ada
d.   Lingkungan pengembangan, yakni terkait waktu dan pengembangan personel
e.    Ekonomi dan budaya, yakni sesuai tidaknya dengan budaya yang ada
f.     Faktor – faktor praktis, diantaranya besarnya siswa dalam satu ruangan, jarak antara penglihatan dan pendengaran pengguna media, seberapa mudah media mampu mempengaruhi respon siswa, pengalaman guru dalam menggunakan media, dll

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel