Media Pembelajaran
17_10
Edit
Salah satu hal yang
mendukung pembelajaran adalah media pembelajaran. Media Pembelajaran adalah
Segala sesuatu baik berupa alat fisik yang digunakan sebagai penyampai pesan
pembelajaran. Perbedaaan media pembelajaran dengan alat peraga adalah alat
peraga merupakan bagian atau jenis dari media pembelajaran dimana alat peraga
mempunayai ciri tidak hanya digunakan oleh guru saja tapi bisa dioperasikan dan
dikontrol oleh siswa dan berfungsi untuk memperagakan suatu konsep materi ke
siswa.
Media pembelajaran dibedakan
menjadi media cetak dan media noncetak, atau dibedakan menjadi media audio dan
media audio. Media biasanya berupa teks, audio, visual, media bergerak,
obyek/media yang dapat dimanipulasi (media manipulatif), dan manusia.
Sedangkan menurut
fungsinya media dibedakan menjadi media pembawa informasi dan media penanaman
konsep.
Dalam proses
pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi atau pesan dari
sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk
membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi atau pesan guna mencapai
tujuan pembelajaran.
Fungsi utama media
pembelajaran adalah sebagai alat untuk memotivasi, menyajikan informasi dan
memberikan intruksi. Adapun manfaat media adalah
1.Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan
informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil
belajar.
2.Media pembelajaran dapat mengarahkan dan meningkatkan perhatian
anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
3.Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang,
dan waktu
4.Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada
siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka.
Media
pembelajaran bisa dimanfaatkan saat :
a. Bahan ajar yang dijelaskan guru kurang dipahami siswa
b. Terbatasnya, sumber pembelajaran.
c. Guru kurang bergairah
d. Perhatian siswa terhadap pembelajaran berkurang
Beberapa hal
yang harus dipertimbangankan guru saat akan memilih media pembelajaran adalah :
a. Variabel tugas, yakni disesuaikan dengan hasil yang dikehendaki
setelah proses pembelajaran
b. Variabel siswa, yakni harus disesuaikan dengan karakteristik
siswa.
c. Lingkungan belajar, yakni media harus disesuaikan dengan
lingkungan yang ada
d. Lingkungan pengembangan, yakni terkait waktu dan pengembangan
personel
e. Ekonomi dan budaya, yakni sesuai tidaknya dengan budaya yang ada
f. Faktor – faktor praktis, diantaranya besarnya siswa dalam satu
ruangan, jarak antara penglihatan dan pendengaran pengguna media, seberapa mudah
media mampu mempengaruhi respon siswa, pengalaman guru dalam menggunakan media,
dll