Permainan Dalam Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak (Bagian 1)

Berikut blog suhendri22 menyajikan Permainan Dalam Pramuka Siaga dan Penggalang yang bisa anda tiru dalam kegiatan pramuka di pangkalan anda. mudah-mudahan bermanfaat. kegiatan permainan dalam pramuka ini Sebagai upaya mengurangi kejenuhan dalam menjalankan akktivitas kegiatan kepramukaan. perlu diselingi dengan metode permainan yang tentu saja mengandung nilai pendidikan. Di samping itu dalam rangka pembentukan karakter.


pramuka, permainan pramuka, siaga, penggalang, penegak

1. Rebut dan Rampas
Peralatan : Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak 
Jumlah pemain : bebas
Waktu: 10 menit

Tujuan:
Melatih  kecekatan
Melatih kesetiakawanan
Unsur hiburan

Langkah - Langkah
Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Bila ada
perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan eepat eepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat ini sudah keburu jauh, maki la dikeluarkan. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu. perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebih lama. maki setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.

2. Petani dan Pencuri

Peralatan :
karet gelang atau tali, kantong kaeang. atau potongan
kain. atau agar kelihatan sungguhan. sebuah apel.
Jumlah pemain : bebas
Wakru: 8-10 menit

tujuan : - melatih keeepatan
             - Unsur hiburan

Anak-anak membenruk lingkairan dan seorang anak yang jadi peneuri disuruh keluar ruangan. Selagi ia diluar. seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda diraruh
di tengah lingkaran. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dan mana saja dan mencuri benda ini. Petani harus menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri ini harus lari keluar dan lingkaran Iewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia capat keluar tanpa terperangkap. Bila ia tidak tertangkap. maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani tadi.


3. Permainan Mengenali Teman

Peralatan:
Kertas kosong. alat tulis untuk tiap peserta
Jumlab Pemain: Berapa saja
Waktu: 10-12 menjt
Tùjuan:
Saling mengenal seeara Iebih mendalam
Berani Mengungkapkan diri
Melatih keeerdasan

Pemimpin membagikan kertas kosong kepada semua peserta. Seluruh peserta lalu menulis data pribadi mereka (nama Lengkap. data keluarga, status, sekolah, pekerjaan. hobi,
alamat, dan sebagainya). Setelah itu kertas yang sudah terisi dikembalikan kepada pemimpin. Lalu pemimpin memberikan lagi seeara aeak kepada peserta. Pemimpin memberikan waktu 2-3 menit kepada para peserta untuk menghafal data pribadi
kawannya itu. Kemudian pemimpin menunjuk kepada salah seorang peserta dan beritanya kepadanya tentang data pribadi yang ia terima. Peserta harus mampu menjawab  ertanyaan
pemimpin. Sementara itu yang memiliki data pribadi harus memperhatikan benar tidaknya jawabannya.

4. Perkenalan Rahasia
Peralatan: Kain yang lebar (sprei)

Jumlali pemain : semua pemain masuk dalam regu

Waktu: 10 menit

Tujuan : Saling mengenal

Peserta dibagi dalam 2 kelompok. Kedua regu saling berhadap-hadapan. Tetapi di antara kedua regu

itu dibentangkan kain yang lebar. sehingga kedua regu tidak dapat saling melihat. Permainannya ialah :
setia regu menentukan wakilnya untuk menebak wakil kelompok lain juga ditebak. Wakil kedua ketompok berlutut

berhadapan. Agar supaya tebih serti para pemain ini boieh sating memperlihatkan kaki atau sepatu. Pemimpin

menghitung sampai 3 dan pada hitungan keriga itu kain diturunkan tiba-tiba. Kedua wakil iru hams adu eepat untuk

menebak siapa wakil tawannya. Wakil regu yang eepat menebak

dengan tepat. mendapatkan angka untuk regunya..


5. Mencari Dengan Diam

Peralatan: Perangko

Jumlah pemain : berapa saja

Waktu: bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampuan mengobservasi


Tujuan:

Melatih kemampuan mengobservasi Memupuk inisiatif Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserra datang/tiba. lnstruksinya :

tiap peserta harus meneari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya. mereka harus dluk diani dan tidak boleh

berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta peserta terakhir dan tentu saja peserta yang paling akhir

Demikian Permainan Dalam Pramuka Siaga dan Penggalang (Bagian 1) dari blog suhendri22. ditunggu update berikutnya ya !!




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel