Permainan Dalam Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak (Bagian 1)
18_05
Edit
Berikut blog
suhendri22 menyajikan Permainan Dalam Pramuka Siaga dan Penggalang yang bisa
anda tiru dalam kegiatan pramuka di pangkalan anda. mudah-mudahan bermanfaat.
kegiatan permainan dalam pramuka ini Sebagai upaya mengurangi kejenuhan
dalam menjalankan akktivitas kegiatan kepramukaan. perlu diselingi dengan
metode permainan yang tentu saja mengandung nilai pendidikan. Di samping
itu dalam rangka pembentukan karakter.
1. Rebut dan Rampas
Peralatan :
Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain
: bebas
Waktu: 10
menit
Tujuan:
Melatih
kecekatan
Melatih
kesetiakawanan
Unsur hiburan
Langkah -
Langkah
Semua anak
membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya
dapat semakin jauh. tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di
lantai. Bila ada
perintah “ya”
tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan eepat eepat menangkap tongkat teman
di sebelah kanannya. Bila tongkat ini sudah keburu jauh, maki la
dikeluarkan. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat bervariasi. Jarak
antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu. perintah
dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebih
lama. maki setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.
2. Petani dan Pencuri
Peralatan :
karet gelang
atau tali, kantong kaeang. atau potongan
kain. atau
agar kelihatan sungguhan. sebuah apel.
Jumlah pemain
: bebas
Wakru: 8-10
menit
tujuan : -
melatih keeepatan
- Unsur hiburan
Anak-anak
membenruk lingkairan dan seorang anak yang jadi peneuri disuruh keluar
ruangan. Selagi ia diluar. seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah
benda diraruh
di tengah
lingkaran. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh
memasuki lingkaran dan mana saja dan mencuri benda ini. Petani harus
menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri ini
harus lari keluar dan lingkaran Iewat jalan masuk tadi dan ia
selamat bila ia capat keluar tanpa terperangkap. Bila ia tidak tertangkap. maka
petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani tadi.
3. Permainan Mengenali Teman
Peralatan:
Kertas
kosong. alat tulis untuk tiap peserta
Jumlab
Pemain: Berapa saja
Waktu: 10-12
menjt
Tùjuan:
Saling
mengenal seeara Iebih mendalam
Berani
Mengungkapkan diri
Melatih keeerdasan
Pemimpin
membagikan kertas kosong kepada semua peserta. Seluruh peserta lalu
menulis data pribadi mereka (nama Lengkap. data keluarga, status, sekolah,
pekerjaan. hobi,
alamat, dan
sebagainya). Setelah itu kertas yang sudah terisi dikembalikan kepada
pemimpin. Lalu pemimpin memberikan lagi seeara aeak kepada peserta.
Pemimpin memberikan waktu 2-3 menit kepada para peserta untuk menghafal
data pribadi
kawannya itu.
Kemudian pemimpin menunjuk kepada salah seorang peserta dan beritanya
kepadanya tentang data pribadi yang ia terima. Peserta harus mampu
menjawab ertanyaan
pemimpin.
Sementara itu yang memiliki data pribadi harus memperhatikan benar
tidaknya jawabannya.
4. Perkenalan Rahasia
Peralatan:
Kain yang lebar (sprei)
Jumlali
pemain : semua pemain masuk dalam regu
Waktu: 10
menit
Tujuan :
Saling mengenal
Peserta
dibagi dalam 2 kelompok. Kedua regu saling berhadap-hadapan. Tetapi di antara
kedua regu
itu
dibentangkan kain yang lebar. sehingga kedua regu tidak dapat saling melihat.
Permainannya ialah :
setia regu
menentukan wakilnya untuk menebak wakil kelompok lain juga ditebak. Wakil kedua
ketompok berlutut
berhadapan.
Agar supaya tebih serti para pemain ini boieh sating memperlihatkan kaki atau
sepatu. Pemimpin
menghitung
sampai 3 dan pada hitungan keriga itu kain diturunkan tiba-tiba. Kedua wakil
iru hams adu eepat untuk
menebak siapa
wakil tawannya. Wakil regu yang eepat menebak
dengan tepat.
mendapatkan angka untuk regunya..
5. Mencari Dengan Diam
Peralatan:
Perangko
Jumlah pemain
: berapa saja
Waktu:
bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampuan mengobservasi
Tujuan:
Melatih
kemampuan mengobservasi Memupuk inisiatif Sebuah perangko ditempel di suatu
tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserra datang/tiba. lnstruksinya :
tiap peserta
harus meneari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya. mereka harus
dluk diani dan tidak boleh
berkata apa
pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta peserta terakhir dan tentu saja
peserta yang paling akhir
Demikian Permainan
Dalam Pramuka Siaga dan Penggalang (Bagian 1) dari blog suhendri22. ditunggu
update berikutnya ya !!