Susunan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila_Jika hari lahir pancasila diperingati tanggal 1 Juni maka hari kesaktian pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari kesaktian pancasila ini merupakan peringatan besar bagi bangsa indonesia khususnya pada tahun 1966, setelah sehari sebelumnya yakni 30 September terjadi pemberontakan besar di negara ini yakni GESTAPU atau G 30 S PKI, dimana kala itu PKI sebagai salah satu partai terbesar dinegeri ini telah melakukan pemberontakan dengan cara menculik para jenderal, dan disinyalir PKI akan merubah ideologi bangsa dan negara ini menjadi komunis.

Susunan Upacara Hari Kesaktian Pancasila,  hari lahir pancasila, pancasila, pki, g30spki


Akhirnya sehari setelahnya atau tanggal 1 Oktober 1966 pemerintah berhasil menumpas PKI sampai ke akar-akarnya. Dan dijaman milenial sekarang ini banyak dari kalangan yang bersimpati kepada komunisme dan sosialisme mengungkit-ungkit kejadian tersebut dan menyebutnya sebagai genoside.
Namun sejarah telah mencatat bahwa PKI lah yang telah melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap ulama dan rakyat khusunya ummat islam.

Untuk memperingati hari tersebut maka setiap 1 Oktober selalu diperingati sebagai hari kesaktian pancasila, dimana pancasila telah berdiri kokoh dan tidak tergantikan oleh komunisme. mari kita peringati hari ini sebagai kejadian besar yang jangan sampai terualang kembali.

Beberapa ketentuan lainnya adalah bahwa pada tanggal 30 September bendera dikibarkan setengah tiang yakni untuk menghormati jasa-jasa pejuang revolusi dan pada tanggal 1 Oktober bendera dikibarkan satu tiang penuh.

Berikut kami akan memberikan Susunan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Susunan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

  1. Penghormatan umum oleh komandan upacara kepada pembina upacara atau inspekstur upacara
  2. Laporan komandan upacara kepada inspekstur upacara bahwa upacara akan dimulai
  3. Mengheningkan cipta untuk arwah-arwah pejuang revolusi khususnya 7 jendral
  4. Pembacaan teks Pancasila oleh inspekstur upacara diucap ulang oleh seluruh peserta upacara
  5. Pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 45
  6. Pembacaan naskah ikrar kesetiaan terhadap pancasila
  7. Pembacaan doa
  8. Andhika Bayangkhari
  9. Laporan komandan upacara kepada inspekstur upacara bahwa upacara telah selesai
  10. Penghormatan kepada inspektur upacara
  11. Selesai
Salah satu tema yang bisa diangkat adalah " Dengan Hari Kesaktian Pancasila Kita Jaga Bangsa Dan Negara Ini ". Demikian Susunan Upacara Hari Kesaktian Pancasila   dari blog suhendri22, semoga bermanfaat untuk bangsa dan negara ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel