CGP. Ekspolrasi Konsep Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

CGP. Berikut adalah tugas Ekspolrasi Konsep Modul 1.3 Visi Guru Penggerak saya Andri Suhendri, silahkan bisa dijadikan referensi namun jangan diplagiasi.


CGP. Ekspolrasi Konsep Modul 1.3 Visi Guru Penggerak



Visi itu merupakan mimpi, dan visi di lingkungan belajar itu harus bermakna juga berpihak pada pesertda didik. Sehingga visi itu harus dirumuskan. salah satunya yakni dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). IA ini berprinsip menemukan nilai-nilai positif secara kolaboratif.

Visi itu harus bersifat menggerakkan, menyemangati dan hasil dari sebuah kolaborasi. Tujuan visi yakni mencapai perubahan yang lebih baik dengan terlebih dahulu memahami dan mendorong perubahan budaya sekolah.

Salah satu paradigma atau pendekatan untuk mewujudkan sebuah misi dalam sebuah organisasi adalah Inkuiri Apresiatif yang dikembangkan oleh David Cooperrider (Cooperrider & Whitney, 2005; Noble & McGrath, 2016). Paradigma AI ini berfokus pada kebaikan dan kekuatan organisasi tanpa mengesampingkan kelemahan-kelemahannya.

Paradigma IA ini dapat diterapkan dalam menentukan visi sekolah dengan manajemen perubahan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi) dimana hal-hal positiflah yang menjadi dasar dari penentuan visi dalam rangka mencapai sebuah tujugan bersama


Pertanyaan : apa yang menjadi kelebihan penggunaan Inkuiri Apresiatif dibandingkan pendekatan lainnya, sementara pendekatan ini fokus kepada kebaikan atau kelebihan sementara kelemahan atau kekurangan menjadi tidak relevan lagi.

Pengalaman : selalu berfokus kepada kesalahan dan aktor pembuat kesalahan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel